Platform Digital DOA Dukung Pengembangan UMKM

Platform Digital DOA Dukung Pengembangan UMKM
PT Doa Indonesia Kalakioma mengumumkan peluncuran platform digital bernama DOA sebagai solusi bagi kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memulai maupun mengembangkan usahanya. ( Foto: Beritasatu Photo / Feriawan Hidayat )
Feriawan Hidayat / FER Minggu, 18 Agustus 2019 | 11:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Doa Indonesia Kalakioma mengumumkan peluncuran platform digital bernama DOA sebagai solusi bagi kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memulai maupun mengembangkan usahanya.

"Kami memiliki visi untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik dengan membantu berbagai kalangan dalam menciptakan dan mengimplementasikan ide mereka. Kehadiran platform digital ini, ditujukan untuk mempercepat peningkatan jumlah pengusaha yang kompeten, peluang kerja dan produk lokal yang kompetitif di Indonesia,” ujar founder dan CEO DOA, Astron Polaris, kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Minggu (18/8/2019).

Astron mengatakan, sektor UMKM di Indonesia yang mencapai angka 58 juta pelaku usaha, memiliki kecendrungan untuk terus bertambah jumlahnya. Namun, banyak dari mereka tidak mampu tumbuh sebagai bisnis dan bersaing di dalam negeri atau bahkan pasar luar negeri.

"Untuk mengentaskan masalah tersebut, tentunya yang dibutuhkan UMKM untuk tumbuh sebagai bisnis bukan hanya modal kerja. Mereka juga butuh bantuan untuk mengembangkan dan terus meningkatkan kemampuan kewirausahaan,” kata Astron.

Secara kongkrit, lanjut Astron, pihaknya menawarkan solusi untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan pelaku UMKM melalui dua platform digital yaitu, DOA Mobile Application dan DOA Coach Console.

"Untuk DOA Mobile Application, akan segera tersedia di Android Play Store pada tanggal 20 Agustus 2019. Sementara, DOA Coach Console akan diluncurkan satu minggu kemudian di tanggal 28 Agustus 2019,” papar Astron.

Menurut Astron, kehadiran DOA Mobile Application diharapkan mampu membantu para pengusaha yang hendak memulai maupun mengembangkan usahanya.

"Melalui fitur ideation, mereka dapat dengan mudah membuat catatan ide. Melalui fitur business plan generator, dalam waktu singkat ide-ide tadi dapat segera diubah menjadi rencana usaha yang lebih kongkrit,” tambah Astron.

Melalui fitur unggulan yang dimiliki DOA Mobile Application, lanjut Astron, diharapkan bisa menjadi solusi bagi kalangan pelaku UMKM dalam meningkatkan kemampuan penganggaran dan perencanaan yang lebih baik dalam pengelolaan modal.

"Selain itu, kami juga berencana untuk menyediakan program pemberdayaan dengan berbagai instansi, sehingga pelaku UMKM dapat semakin meningkat kapasitasnya,” tandas Astron.

Untuk DOA Coach Console sendiri, kata Astron, disiapkan pihaknya untuk memberikan solusi bagi berbagai instansi yang saat ini memiliki program pemberdayaan, inkubasi dan akselerasi.

"Dengan platform DOA Coach Console, mereka dapat dengan mudah membuat program, menentukan obyektif dan menyebarkannya melalui DOA Mobile Application,” papar Astron.

Astron menambahkan, platform digital yang dikembangkan pihaknya akan dilengkapi dengan fitur komunitas, sehingga akan lebih banyak ide-ide bisnis yang bisa direalisasikan untuk mendukung perkembangan sektor UMKM. Selain itu, kedua platform digital tersebut akan dikembangkan dengan menerapkan kecanggihan teknologi Artificial Intelligent (AI).

"Dengan begitu, kami harapkan kehadiran kedua platform ini dapat membantu membantu meningkatkan perekonomian Indonesia, sekaligus mendukung kemampuan UMKM untuk tumbuh sebagai bisnis,” pungkas Astron.



Sumber: BeritaSatu.com