Ekosis Kembangkan Solusi Digital Multi Sektor

Ekosis Kembangkan Solusi Digital Multi Sektor
Ekosis mengembangkan platform digital yang mencakup sektor kelautan, pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, hingga pertambangan. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 21 Agustus 2019 | 08:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ekosis, perusahan teknologi digital lokal, mengembangkan platform yang memfokuskan diri di sektor agrobisnis. Platform digital ini, bertujuan memberikan solusi digital bagi para pelaku dan industri agribisnis di Indonesia.

CEO Ekosis, Albert Samuel, mengatakan, Ekosis sebagai aplikasi marketplace agribisnis terlengkap di Indonesia, mempunyai cakupan yang menjangkau seluruh sektor, mulai dari kelautan, pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, hingga pertambangan. Disamping itu, Ekosis juga menghadirkan solusi lain dengan menyediakan platform bagi penyedia jasa layanan angkutan untuk bisa memberikan layanan logistik kepada para penjual dan pembeli di dalam aplikasi Ekosis.

"Melalui fitur-fitur yang dimiliki, Ekosis diharapkan dapat menjadi solusi lengkap bagi permasalahan pada industri agribisnis,” ujar Albert Samuel kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Albert mengatakan, Ekosis mempunyai misi menciptakan ekosistem agribisnis yang terintegrasi dengan multi sektor yang dapat mensejahterakan para pelaku agribisnis melalui teknologi digital. Ekosis berdiri dengan empat pilar utama yang menopang dan menjadi dasar inovasi.

"Adapun empat pilar yang dimaksud Ekosis yaitu, teknologi digital, perdagangan adil dan transparan, bisnis yang berkelanjutan dan kesejahteraan pelaku agribisnis,” terang Albert Samuel.

Menurut Albert, teknologi digital memberikan kemudahan jual beli online dengan fitur-fitur yang mudah dan aman hingga praktis digunakan semua pengguna. Kemudian, perdagangan adil dan transparan memiliki maksud agar semua harga, proses panen dan penangkapan, informasi produk dan jasa semuanya diberikan secara transparan dan dapat diakses oleh para pengguna.

Untuk bisnis yang berkelanjutan, lanjut Albert, Ekosis memiliki misi untuk mengedepankan setiap pelaku agribisnis agar memiliki bisnis yang hidup berkelanjutan, serta mengedepankan kelestarian lingkungan yang asri dan berkelanjutan. Terakhir, kesejahteraan pelaku agribisnis, Ekosis diharapkan dapat menjadi solusi dari salah satu masalah terbesar industri agribisnis, yakni masih banyak pelaku agribisnis berada dibawah garis kemiskinan.

"Dengan didasari keempat pilar ini dan ditambah fitur-fitur yang menarik, Ekosis hadir di tengah masyarakat untuk sama-sama membangun dan mensejahterakan pelaku agribisnis di seluruh Indonesia,” tandas Albert Samuel.

Abert menambahkan, Ekosis diharapkan dapat memberikan solusi teknologi terdepan bagi industri agribisnis, memberikan kesejahteraan setiap pelaku agribisnis termasuk petani, nelayan, penyedia jasa angkutan, dan pengusaha industri agribisnis, dengan mewujudkan transaksi yang adil dan transparan, sehingga tercipta model bisnis yang berkelanjutan.

"Rencananya, aplikasi Ekosis akan diluncurkan akhir Agustus 2019, diiringi sosialisasi offline seperti agen-agen yang akan terjun ke daerah, kemudian juga online yang memanfaatkan interaksi digita," pungkas Albert Samuel.



Sumber: BeritaSatu.com