Qlue Dukung Implementasi Smart City di Kota Kupang

Qlue Dukung Implementasi Smart City di Kota Kupang
Qlue, aplikasi pelaporan warga, resmi diimplementasikan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). ( Foto: Ist )
Emanuel Kure / FER Jumat, 23 Agustus 2019 | 15:57 WIB

Kupang, Beritasatu.com - Qlue, aplikasi pelaporan warga, resmi diimplementasikan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kehadiran Qlue, diharapkan dapat meningkatkan layanan publik, sehingga Kota Kupang bisa menjadi kota cerdas (smart city).

Founder & Chief Executive Officer (CEO) Qlue, Rama Raditya, mengatakan, Qlue telah mendapatkan dukungan dari GSM Association (GSMA) untuk fokus mengembangkan solusi smart city di tiga kota, yaitu Kupang, Makassar, dan Bandung.
Di Kota Kupang, lanjut Rama, Qlue menawarkan berbagai solusi teknologi mulai dari Smart City Dashboard, CCTV Integration and Analysis, hingga QlueWork, yaitu fitur Qlue yang berguna untuk meningkatkan koordinasi antar instansi yang efektif.

"Qlue hadir memberikan solusi smart city yang dapat membantu pemerintah dan masyarakat Kupang dalam membangun Kupang Smart City. Solusi teknologi Qlue memudahkan masyarakat untuk melaporkan berbagai masalah lingkungan dan sosial dengan menggunakan ponsel pintar," kata Rama melalui siaran pers, Jumat, (23/8/2019).

Menurut Rama, melalui platform Qlue, Pemkot Kupang dapat semakin cepat menerima laporan warga serta memetakan potensi permasalahan yang ada di kota tersebut dalam satu dashboard. Semua data yang terkumpul akan memudahkan Pemkot Kupang untuk merumuskan kebijakan dalam pembangunan kota.

Qlue juga menyediakan platform berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), serta integrasi data yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan efisiensi dalam menangani permasalahan kota.

"Kami siap berkolaborasi lebih jauh dengan Kota Kupang melalui penerapan berbagai solusi agar ekosistem smart city di Kota Kupang semakin lengkap," tandas Rama.



Sumber: Investor Daily