Prancis dan Jerman Tolak Mata Uang Libra

Prancis dan Jerman Tolak Mata Uang Libra
Mata uang digital (cryptocurrency) Facebook, Libra. ( Foto: Ist )
/ FER Sabtu, 14 September 2019 | 20:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Facebook berencana meluncurkan cryptocurrency bernama Libra mulai tahun 2020 nanti. Facebook mengharapkan, Libra diterima sebagai alternatif bentuk pembayaran dan digunakan sebagai perantara mata uang tradisional.

Sayangnya, rencana Facebook untuk meluncurkan mata uang digital tersebut, langsung mendapat penolakan dari pemerintah dua negara besar di Eropa, Prancis dan Jerman.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui soal Libra

Dalam pernyataan bersama yang dirilis Jumat (13/9/2019) waktu setempat, Prancis dan Jerman dengan tegas menyatakan menolak peluncuran Libra. Alasannya, proyek Libra gagal meyakinkan bahwa risiko-risiko akan ditangani dengan baik oleh Facebook.

"Kami percaya bahwa tidak ada entitas swasta yang dapat mengklaim kekuatan moneter, yang melekat pada kedaulatan negara," kata pernyataan bersama tersebut.

Baca Juga: Facebook Harus Bayar Denda US$ 5 Miliar

Selain itu, pemerintah kedua negara juga menyatakan, saat ini terdapat kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas pembayaran internasional.

"Untuk tingkat Eropa, saat ini kami meminta bank untuk bekerja memperbaiki sistem pembayaran Eropa," ungkap pernyataan kedua negara.



Sumber: Anadolu