Samsung Pay Persingkat Tahapan Transaksi Dompet Digital

Samsung Pay Persingkat Tahapan Transaksi Dompet Digital
Samsung Electronics Indonesia meresmikan kerja samanya dengan pemain besar dompet digital DANA dan GoPay di Jakarta, Kamis (10/10/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Unggul Wirawan )
Unggul Wirawan / WIR Kamis, 10 Oktober 2019 | 22:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Samsung Electronics Indonesia meresmikan kerja samanya dengan penyedia layanan dompet digital yakni DANA dan GoPay, di Jakarta, Kamis (10/10). Kini lewat wadah Samsung Pay, tahapan transaksi dompet digital makin singkat.

“Banyak pengguna smartphone memiliki aplikasi e-wallet lebih dari satu. Aplikasi ini cukup banyak tahapan sebelum transaksi. Paling tidak, ada lima tahapan. Kini aplikasi Samsung Pay mempermudah pelanggan mengakses. Tinggal usap layar ke atas, muncul Samsung Pay lalu pilih e-walletnya.,” papar Head of Marketing IT and Mobile Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant.

Denny mengutip data riset Kadence Indonesia tahun 2019, bahwa 57% pengguna smartphone mempunyai uang elektronik, baik dalam aplikasi (apps-based) maupun di dalam kartu fisik (card based). Hampir semuanya memiliki lebih dari satu aplikasi uang elektronik. Sekitar 20% pemilik dompet digital secara rutin menggunakan lebih dari satu uang elektronik berbasis aplikasi.

Lebih jauh, Denny menjelaskan Samsung Pay bukan uang elektronik, tetapi satu aplikasi dalam smartphone Samsung yang menyediakan akses cepat ke berbagai uang elektronik. Lebih dari sekadar fitur tambahan pada smartphone, Samsung Pay mengedepankan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan pembayaran melalui dompet digital pilihan mereka.

“Cukup swipe up (usap ke atas) baik dari home screen maupun saat smartphone sedang dalam keadaan terkunci, pengguna sudah bisa memilih dompet digital sebagai sumber dana yang hendak digunakan. Kami juga sediakan shortcut ke kamera otomatis yang langsung lari ke Samsung Pay,” tambahnya.

Entry Level

Bernard Ang, IT & Mobile Business Vice President, Samsung Electronics Indonesia, mengatakan kolaborasi Samsung Pay dengan dua pemain besar pembayaran berbasis aplikasi di Indonesia, yaitu DANA dan GoPay membuat masyarakat pengguna uang elektronik, terutama yang berbasis aplikasi, menikmati kemudahan Swipe Up & Pay saat bertransaksi.

“Samsung Pay tidak hanya tersedia untuk ponsel flagship Samsung. Fitur ini juga tersedia, juga tersedia pada ponsel entry level, Jadi kini semua masyarakat Indonesia bisa menikmati sistem pembayaran digital,” tambahnya.

Kerja sama Samsung Pay juga disambut baik Vincent Iswara, Chief Executive Officer DANA. Menurut dia, kolaborasi ini terjadi berkat kepercayaan Samsung terhadap teknologi DANA yang aman dan scalable. Kolaborasi juga menjadi bukti perkembangan signifikan yang telah dilalui DANA sebagai pemain lokal termuda di industri Teknologi Finansial di Tanah Air, sehingga DANA dipercaya menjadi dompet digital pertama yang tersedia di Samsung Pay.

“Kami telah menerima respon yang sangat positif, baik dari masyarakat yang sudah memiliki akun DANA maupun yang baru mencoba DANA setelah mereka mengetahui tentang Samsung Pay,” ungkap Vincent.

Sambutan positif juga disampaikan Budi Gandasoebrata, Managing Director GoPay. Sebagai pembayaran digital terdepan di Indonesia, GoPay hadir untuk memudahkan masyarakat Indonesia untuk bertransaksi di seluruh aspek kehidupan sehari-hari. “Kolaborasi bersama Samsung Pay akan mempermudah dan menyederhanakan pengalaman pengguna dalam bertransaksi di ratusan ribu rekan usaha kami,” tambahnya.



Sumber: Suara Pembaruan