Kamera Mirrorrless Canon EOS M6 Mark II Merekam Video 4K Lebih Luas

Kamera Mirrorrless Canon EOS M6 Mark II Merekam Video 4K Lebih Luas
Kamera mirrorless EOS M6 Mark II juga bisa merekam video uncropped 4K untuk menangkap perspektif yang lebih luas. (Foto: Datascrip / Dokumentasi)
Unggul Wirawan / WIR Minggu, 27 Oktober 2019 | 14:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Canon merilis EOS M6 Mark II, seri terbaru di jajaran kamera mirrorless. Dengan kemampuan fast-locking dan fast-tracking, kamera ini sanggup menangkap momen cepat dan hadir tak terduga. EOS M6 Mark II juga bisa merekam video uncropped 4K untuk menangkap perspektif yang lebih luas.

"Kamera ini mengombinasikan kepraktisan dari kamera ringkas dan kecanggihan kualitas DSLR. EOS M6 Mark II menjawab kebutuhan akan kamera yang ringan dan mudah digunakan untuk mengabadikan momen spesial atau pemandangan menawan saat liburan. Dengan kecepatan kinerja kamera ini, pengguna tak perlu khawatir akan kehilangan momen penting dalam hidup, baik yang spontan maupun terencana," ujar Canon Division Director, PT Datascrip Merry Harun.

Dirancang untuk pemakaian sehari-hari, Canon EOS M6 Mark II tampil trendi, ringan, dan ringkas. Berat dan panjangnya yang hanya hampir separuh dari kamera DSLR menjadikan EOS M6 Mark II praktis dibawa bepergian, dimasukkan dalam kantung atau tas.

Ketersediaan opsi perekaman 4K tanpa crop, memberikan keleluasaan pengguna untuk mengambil gambar secara utuh dari lensa yang digunakan. EOS M6 Mark II juga memudahkan pengguna mengambil scene slow-motion dengan perekaman 120p/100p dengan kualitas Full High Definition (FHD). Pengguna kini dapat merekam video dengan area cakupan yang lebih luas dan memberikan efek slow-motion.

Kebebasan berekspresi ini juga didukung dengan LCD 3 inci yang bisa ditekuk (ke bawah 45 derajat dan ke atas 180 derajat) sehingga pengguna dapat mengambil gambar dari sudut yang sulit dijangkau dan unik. Selain itu, untuk mereka yang ingin mengambil swafoto dapat melihat langsung penampilannya di layar saat mengambil foto.

Kurangi Guncangan

EOS M6 Mark II memiliki teknologi 5-axis movie digital Image Stabilisation yang efektif mengurangi efek guncangan seperti saat penambilan video sambil berjalan, sehingga hasil rekaman tetap stabil dan tajam. Untuk memastikan kualitas suara yang optimal, tersedia pilihan untuk memanfaatkan built-in microphone atau pengguna juga dapat memasang external mic untuk merekam suara sekitar dan dialog antarsubjek menggunakan microphone input.

Ditenagai prosesor gambar DIGIC 8, Canon EOS M6 Mark II menghadirkan performa unggulan DSLR dalam format yang ringkas. Sensor CMOS APS-C berteknologi terbaru yang dimiliki kamera ini menghasilkan gambar beresolusi tinggi 32,5 megapiksel dengan kualitas gambar yang tajam dan detail sehingga siap dicetak dalam ukuran besar.

Kamera ini menghadirkan gambar yang jernih dan gradasi warna yang halus, sehingga bisa bekerja maksimal dalam pemotretan dengan pencahayaan yang menantang seperti momen matahari terbenam, pemandangan pegunungan, hingga suasana pasar malam.

Subjek foto yang bergerak cepat, seperti anak-anak, binatang peliharaan, dan kendaraan yang melaju kencang kerap menjadi tantangan tersendiri ketika memotret. Namun, dengan EOS M6 Mark II, semua menjadi semakin mudah karena kamera ini dilengkapi teknologi Dual Pixel CMOS Auto Focus, didukung AF Tracking dan Eye-Detection AF yang memiliki akurasi tinggi.

Canon menghadirkan 5.481-titik AF yang memberikan fleksibilitas untuk menentukan fokus yang sesuai dengan preferensi pengguna, mencakup 100% vertikal dan 88% pada area horizontal.

Koneksi Bluetooth

EOS M6 Mark II memiliki teknologi Bluetooth Low Energy yang dapat menghubungkan kamera dengan perangkat pintar pengguna, serta Wi-Fi built-in yang memudahkan pengguna mengunggah foto dan video langsung ke media sosial, tanpa perlu terhubung ke komputer. Memindahkan hasil rekaman video 4K dari kamera juga ringkas, video secara otomatis dikompresi menjadi Full HD.

Konten pun dapat dipindahkan ke komputer dengan mudah untuk keperluan edit atau backup. Sebagai tambahan, smartphone dapat diubah menjadi live viewfinders maupun remote controller untuk mengambil gambar dari kamera EOS M6 Mark II, dengan menggunakan aplikasi Canon Camera Connect.

Canon EOS M6 Mark II mendukung penggunaan Electronic Viewfinder EVF-DC2, membantu ketika memotret dengan pencahayaan kuat yang menyilaukan atau menimbulkan bayangan pada layar LCD. Melalui EVF-DC2 dan Touch and Drag AF, pengguna dapat memindahkan titik fokus sambil tetap mengamati subjek melalui viewfinder, sehingga fotografer dapat melakukan beberapa pengaturan sekaligus.

Datascrip sebagai authorized distributor produk pencitraan digital Canon di Indonesia memasarkan EOS M6 Mark II dengan harga Rp 13,75 juta (body only) di luar Kit with lens 15-45mm (Rp 15,35 juta), dan Kit with lens 18-150mm (Rp 20,275 juta).



Sumber: Suara Pembaruan