Teknologi BERT Buat Google Search Makin Canggih

Teknologi BERT Buat Google Search Makin Canggih
Public Liaison for Search Google, Danny Sullivan. ( Foto: Ist )
Herman / FMB Selasa, 29 Oktober 2019 | 20:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Google baru saja mengumumkan inovasi teknologi terbarunya untuk mesin pencari atau Google Search. Teknologi tersebut diberi nama Bidirectional Encoder Representations from Transformers atau disingkat BERT, yaitu teknik open source berbasis jaringan neural untuk pelatihan awal natural language processing (NLP).

Public Liaison for Search, Google, Danny Sullivan mengungkapkan, dengan BERT, hasil pencarian di Google Search akan lebih relevan dan memudahkan pengguna untuk mencari apa yang mereka ingin ketahui.

"Kami melakukan sejumlah perubahan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, salah satunya dengan menggunakan teknologi BERT dalam Google Search," kata Danny Sullivan di kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Danny menambahkan, salah satu keunggulan dari sistem ini adalah kemampuannya untuk belajar dari sebuah bahasa dan menerapkannya ke bahasa yang lain. Hal ini membantu Google Search menyajikan hasil yang lebih relevan dalam berbagai bahasa yang ditawarkan, termasuk Bahasa Indonesia.

"Teknologi sebelumnya mengenali sebuah pencarian dengan melihat kata per kata, sementara BERT berupaya mengenali konteks dari sebuah frasa atau kalimat pencarian itu," jelas Danny.

Setiap harinya, Danny mengungkapkan ada miliaran orang melakukan pencarian di Google Search. Bukan hanya informasi umum, pengguna juga kerap mencari sesuatu yang belum pernah dicari sebelumnya. "Setiap hari, 15 persen pencarian adalah pencarian baru," ungkap Danny.



Sumber: BeritaSatu.com