NEC Boyong Inovasi Toko Tanpa Kasir ke Indonesia

NEC Boyong Inovasi Toko Tanpa Kasir ke Indonesia
Business Development Executive NEC Corporation, Takahiro Yamada (kiri) memperkenalkan solusi “Smart Retail Store”, di pameran INA SHOP Expo 2019 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 31 Oktober 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Kamis, 31 Oktober 2019 | 21:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - NEC Corporation memperkenalkan sebuah konsep toko baru yang memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis waralaba dan juga pelanggan dalam bertransaksi. Inovasi tersebut diberi nama Smart Retail Store.

Baca Juga: Amazon Buka Toko Tanpa Kasir Pertama di Dunia

Business Development Executive NEC Corporation, Takahiro Yamada menjelaskan, inovasi Smart Retail Store yang dikembangkan NEC ini merupakan gabungan dari teknologi artificial intelligence (AI), Internet-of-Things (IoT), dan biometrik (facial recognition) dengan konsep unmanned store atau toko tanpa petugas kasir.

"Melihat perkembangan yang terjadi di ASEAN, terutama Indonesia, kami merasa sistem yang ditawarkan ini sangat cocok dengan pola hidup masyarakat urban yang serba cepat,” kata Takahiro Yamada, di pameran INA SHOP Expo 2019 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Yamada menerangkan, Smart Retail Store ini menawarkan solusi efisiensi waktu dengan penggunaan face recognition untuk masuk dan melakukan pembayaran dalam toko. Pelanggan yang telah mengunduh aplikasi toko di smartphone mereka, dapat memasuki toko dengan sistem teknologi face recognition.

Baca Juga: CCTV di Jakarta Akan Dilengkapi Pengenal Wajah

Saat berada di dalam toko, pelanggan dapat memindai sendiri barang yang akan dibeli dan langsung melakukan pembayaran dengan saldo yang tersedia dalam aplikasi, sehingga tidak perlu lagi mengantre di kasir.

Di luar negeri seperti di Jepang, inovasi toko tanpa kasir seperti ini sudah banyak diterapkan. Yamada berharap solusi ini juga bisa segera diadaptasi oleh para pelaku bisnis Waralaba di Indonesia.

"Bagi pengusaha waralaba atau pemilik toko, solusi dan teknologi dari NEC ini juga dapat mempermudah monitoring ketersediaan barang dagang di seluruh rak toko. Kami juga menyediakan alat Shelf Monitoring yang dapat mengirimkan pesan atau notifikasi kepada back office jika terdapat barang yang hampir habis agar segera diisi ulang,” tambah Yamada.



Sumber: BeritaSatu.com