Logo BeritaSatu
Raih Pendanaan US$ 5,3 Juta

Neuro.net Bidik Pasar Kecerdasan Buatan di Indonesia

Jumat, 1 November 2019 | 14:47 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Neuro.net, perusahaan asal Rusia yang berfokus dalam pengembangan aplikasi kecerdasan buatan (Artifical Intelligence - AI) pada industri layanan konsumen (customer service), meraih pendanaan sebesar US$ 5,3 juta dari Powerry.

Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk mengembangkan versi cloud dari produk, ekspansi internasional dan pengembangan jaringan pusat implementasi mitra di pasar Asia Tenggara, Eropa dan Amerika Utara.

Baca Juga: Oriente Dukung Ekosistem Keuangan Inklusif di Indonesia

Pendiri Neuro.net, Nikolay Kravchuk, mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengembangkan alat untuk membuat robot suara dan membangun saluran komunikasi berdasarkan kecerdasan buatan.

"Produk ini, dapat digunakan untuk survei, dukungan pelanggan, manajemen kasus, rekrutmen staf dan tugas-tugas lainnya. Adapun klien Neuro.net diantaranya adalah Beeline, Megafon, MITs Group, Lamoda dan KupiVIP,” kata Nikolay Kravchuk dalam keterangan persnya, yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Nikolay mengatakan, pihaknya menawarkan dua solusi utama, penciptaan robot suara turnkey dan platform cloud untuk pembuatan dan pengelolaan robot independen tanpa perlu keterampilan teknis. Perusahaan, saat ini sedang melakukan uji coba peluncuran dengan perusahaan-perusahaan dari Indonesia dan Spanyol.

"Produk ini ditandai oleh algoritma NLU-nya sendiri, yang dapat dilatih pada sejumlah kecil data, jeda singkat dalam dialog karena solusi MRCP-nya sendiri, serta sistem cerdas untuk menanggapi gangguan percakapan oleh lawan bicara," jelasnya.

Baca Juga: NEC Boyong Inovasi Toko Tanpa Kasir ke Indonesia

Nikolay menambahkan, pasar AI konvensional pada tahun 2018 mencatatkan volume sebesar US$ 4,2 miliar. Pihaknya berharap, pangsa pasar perusahaan akan tumbuh sebesar 30 persen per tahun, selama lima tahun ke depan. Pada saat yang sama, segmen pasar yang paling aktif pertumbuhannya diperkirakan terjadi di Asia Tenggara. Sementara, Amerika Serikat (AS) tetap menjadi pasar terbesar bagi perusahaan.

"Asia tenggara merupakan salah satu prioritas untuk Neuro.net, kami berencana untuk mengarahkan investasi yang tertarik ke pengembangan platform cloud untuk pasar di wilayah ini," tambah Nikolay.

Sementara itu, pendiri Powerry, Abdumalik Mirakhmedov, mengatakan, pihaknya merupakan investor pertama sejak Neuro.net didirikan pada tahun 2017. Pengembangan produk berdasarkan kecerdasan buatan adalah salah satu bidang prioritas untuk Powerry.

"Berinvestasi di Neuro.net, menjadi salah satu langkah untuk menerapkan strategi ini. Tim Neuro.net akan memperkuat keahlian kami di bidang kecerdasan buatan, dan perkembangan AI Converso.net akan menjadi bagian dari penawaran produk Powerry, bersama dengan computer vision, NLP, Machine Learning, dan lain-lain,” kata Mirakhmedov.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Akan Gelar Perkara untuk Tetapkan Rizky Billar sebagai Tersangka

Polisi bisa saja langsung menggelar perkara untuk menetapkan Rizky Billar sebagai tersangka dalam kasus KDRT terhadap istrinya, Lesti Kejora.

NEWS | 6 Oktober 2022

Golkar Pastikan Akbar Tandjung Konsisten Menangkan Airlangga Hartarto

Partai Golkar meyakini Akbar Tandjung konsisten memenangkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden Golkar di Pilpres 2024.

NEWS | 6 Oktober 2022

KPK Benarkan Blokir Rekening Istri Lukas Enembe untuk Penyidikan

KPK membenarkan telah memblokir rekening istri Gubernur Papua Lukas Enembe, Yulce Wenda.

NEWS | 6 Oktober 2022

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Pengembangan Agroeduwisata

Wapres Ma'ruf Amin mendorong pengembangan agroeduwisata di Indonesia. Wisata itu perlu diperbanyak untuk menumbuhkan minat masyarakat

NEWS | 6 Oktober 2022

Sore Hari Cuaca Jabodetabek Masih Berpotensi Hujan, Ini Wilayahnya

Jabodetabek berpotensi diguyur hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang akan berlangsung hingga sore.

NEWS | 6 Oktober 2022

Jakarta Punya Parkir Limpahan Sungai Berbasis Alam

Anies Baswedan menyebut, Jakarta mempunyai tempat parkir sementara untuk menampung limpahan air sungai berbasis alam pertama di Indonesia. 

NEWS | 6 Oktober 2022

KPK Telusuri Pembahasan soal Pengadaan LNG Pertamina

KPK menelusuri pembahasan soal pengadaan LNG pada PT Pertamina dalam rentang waktu 2011-2021.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ada Perbedaan Sikap di Internal KPK Soal Penyelidikan Formula E

Ada perbedaan sikap di internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dengan penyelidikan kasus Formula E.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anggota Jilat Kue HUT TNI, Kapolda Papua Barat Minta Maaf ke Pangdam Kasuari

Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi M Silitonga meminta maaf kepada Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema. 

NEWS | 6 Oktober 2022

Maxx Coffee dan YKPI Gelar Deteksi Dini Kanker Payudara

Maxx Coffee dan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menggelar deteksi dini kanker payudara pada 1-23 Oktober 2022 mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polisi Akan Gelar Perkara untuk Tetapkan Rizky Billar sebagai Tersangka

Polisi Akan Gelar Perkara untuk Tetapkan Rizky Billar sebagai Tersangka

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings