Grebeg Pasar UMKM Go Online Hadir di Kota Medan

Grebeg Pasar UMKM Go Online Hadir di Kota Medan
Grebeg Pasar UMKM Go Online hadir di di Kota Medan sejak 22 Oktober hingga November 2019. (Foto: istimewa)
Elvira Anna Siahaan / EAS Rabu, 6 November 2019 | 19:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Sejak pertengahan Oktober hingga awal November 2019, Grebeg Pasar UMKM Go Online menyambangi para pedagang di Kota Medan. Beberapa pasar yang dikunjungi yakni Pasar Sambu, Pasar Ikan, Pasar Gambir, Pasar Ramai, Pasar Pusat, dan berbagai pusat UMKM lainnya. 

Dilansir dari siaran pers, Rabu (6/11/2019), aktivitas para pedangan pasar sejak Senin (4/11/2019) terlihat antusias saat dipandu satu per satu oleh petugas Grebeg Pasar UMKM Go Online. Mereka diajarkan belajar menggunakan aplikasi hingga dapat berjualan secara online di marketplace.

Menemani para relawan pandu digital di Pasar, Sumarno, Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital (Ekodig) Kementerian Komunikasi dan Informasi, memberikan semangat. Menurutnya, usaha para relawan untuk memberikan sosialisasi, edukasi dan pendampingan ini merupakan amanat negara untuk para pelaku UMKM.

“Apa yang kita lakukan sekarang adalah amanat negara, agar para pedagang bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Dengan platform digital pedagang bisa berjualan lintas daerah lintas pulau,” tutur Sumarno.

Sebagai target dan sasaran, para pedagang pun merasakan manfaat atas acara ini. Maria salah seorang pedagang peralatan rumah tangga di pasar mengucapkan terimakasih kini ia sudah bisa berjualan di marketplace setelah hanya mengandalkan media sosial.

"Kami berdagang apa saja caranya kita pakai. Sebelumnya coba-coba pakai whatsapp, sekarang sudah ada di Shopee. Jadi tinggal unduh foto-foto produk sekali saja, tidak perlu setiap hari pasang di foto profil seperti di aplikasi media sosial atau pesan instan,” kata Maria.

 



Sumber: BeritaSatu.com