Pelajar Buat Aplikasi soal Informasi Gangguan Pendengaran

Pelajar Buat Aplikasi soal Informasi Gangguan Pendengaran
Sharrey Suhendra menunjukan aplikasi iHEARt ID. ( Foto: Istimewa )
Bayu Marhaenjati / JAS Jumat, 8 November 2019 | 16:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pelajar kelas XII Jakarta Intercultural School Sharrey Suhendra, menciptakan aplikasi iHEARt ID, berisi informasi yang memberikan edukasi seputar gangguan pendengaran.

Sharrey mengatakan, awal mula dirinya menciptakan aplikasi ini, setelah mendengarkan cerita perjalanan hidup seorang siswa yang memiliki gangguan pendengaran dalam sebuah diskusi. Atas dasar itu, dia termotivasi untuk membuat aplikasi yang dapat memberikan informasi terkait gangguan pendengaran yang dapat diakses melalui ponsel atau gadget.

"Aplikasi iHEARt ID ini diciptakan untuk mengedukasi dan menyebarkan kesadaran tentang pentingnya campur tangan orang tua sedini mungkin, bagi anak-anak yang terkena gangguan pendengaran dan juga komunitas tuna rungu di Indonesia," ujar Sharrey, di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Dikatakan Sharrey, aplikasi ini memiliki akses informasi terkait gangguan pendengaran, tindakan-tindakan apa saja yang dilakukan pemerintah, statistik, penemuan teknologi dan rehabilitasi, serta pengetahuan akan gangguan pendengaran pada saat kehamilan dan lain-lain. Termasuk, kuis untuk menguji pengguna aplikasi tentang apa yang sudah mereka pelajari.

"Aplikasi ini menyuguhkan pengetahuan dasar dan fondasi yang diperlukan bagi pengguna aplikasi untuk pengenalan dan menjadi terbiasa dengan orang yang memiliki gangguan pendengaran. Mungkin berguna ketika bertemu teman baru atau anggota keluarga yang memiliki gangguan pendengaran," ungkapnya.

Dia berharap, aplikasi ini bisa mengurangi kesenjangan antara komunitas tuna rungu dan masyarakat normal, serta individu yang memiliki gangguan pendengaran mendapatkan kesempatan yang adil untuk berkomunikasi dan diberi kesempatan yang tepat untuk berjuang atas potensi mereka sepenuhnya.

"Aplikasi dengan nama iHEARt ID sudah ada di Google Play store dan akan segera tersedia di Apple Store," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com