Tribelio Dorong Peningkatan Wirausaha Berbasis Komunitas

Tribelio Dorong Peningkatan Wirausaha Berbasis Komunitas
Aplikasi Tribelio menyediakan platform yang membuat setiap orang dapat memiliki usaha dengan berbasis komunitas. ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / FER Sabtu, 9 November 2019 | 15:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Jumlah entrepreneur atau wirausaha di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data Entrepreneurship Global Index 2018 menyebutkan, kewirausahaan di Indonesia mencapai 3,1 persen dan diperkirakan akan meningkat menjadi 5 persen dari jumlah penduduk di 2019.

Aplikasi Tribelio

Baca Juga: Qlue Perkuat Layanan Smart City di Makassar

Founder Tribelio, Denny Santoso, aplikasi Tribelio menyediakan platform yang membuat setiap orang dapat memiliki usaha dengan berbasis komunitas.

"Kecenderungan platform komunitas saat ini seperti WhatsApp grup, Telegram grup, dan Facebook grup, pesan yang disampaikan oleh pemilik grup hanya benar-benar tersampaikan kepada sekitar 5 persen anggotanya. Untuk itu, kami membuat aplikasi dengan berbasis komunitas," ujar Denny, saat jumpa pers di Emporium Pluit Mal, Jakarta Utara, Sabtu (9/11/2019).

Baca Juga: OttoPay Gandeng 300.000 UMKM di Jabar

Denny menjelaskan, Tribelio memiliki konsep yang mengkombinasikan email blast dengan forum komunitas diskusi. Setiap group leader atau yang disebut chief dalam aplikasi Tribelio, memiliki kelebihan untuk memberikan notifikasi bagi anggota atau member yang belum membaca pesan dalam aplikasi.

"Ada empat kanal yang dapat digunakan oleh chief dalam aplikasi tersebut yakni email, sms, push notifikasi, dan inbox," jelasnya.

Baca Juga: Peluang Ekonomi Digital di Indonesia Masih Besar

Denny menyebutkan, aplikasi Tribelio sendiri pertama kali diluncurkan pada September 2019 dan saat ini memiliki sekitar 500 hingga 600 chief dan 22.000 member.

"Untuk keamanan data pengguna kita jamin. Server kita menggunakan Amazon Cloud yang ditujukan bagi para pelaku usaha yang sudah memiliki target pasar," tambah Denny.

Miss Earth 2014, Lisna Anggara, yang turut menggunakan aplikasi Tribelio menyebutkan, aplikasi tersebut mempermudah dirinya untuk menambah jumlah pembeli produk yang ditekuninya di Purwokerto.

 



Sumber: Suara Pembaruan