Pelni Akan Rilis Aplikasi Logistik

Pelni Akan Rilis Aplikasi Logistik
PT Pelni
Thresa Sandra Desfika / YUD Minggu, 17 November 2019 | 10:46 WIB

Bandung, Beritasatu.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) akan merilis aplikasi logistik berbasis digital pada awal Januari 2020. Melalui aplikasi tersebut, Pelni menawarkan door to door service atau pelayanan pengiriman barang dari pintu ke pintu.

Direktur Usaha Angkutan Kargo dan Tol Laut PT Pelni Harry Budiarto menjelaskan, Pelni berkomitmen meningkatkan pelayanan dengan memfasilitasi rantai pasok logistik dari pengirim ke penerima secara utuh dari pintu ke pintu. Sebelumnya, BUMN tersebut masih sebatas fokus menjalankan fungsi pelayaran yang merupakan salah satu bagian saja dari jaringan logistik.

"Masyarakat pasti inginnya pengiriman barang itu dari pintu ke pintu. Karena itu, kami akan mengimplementasikan pelayaran door to door dengan menyediakan aplikasi berbasis digital," ungkap Harry di Bandung, Minggu (17/11/2019).

Harry melanjutkan, pihaknya sudah menyiapkan aplikasi tersebut selama 2 tahun terakhir. Mulanya, soft launching aplikasi yang dimaksud direncanakan berlangsung pada November 2019 ini. Namun, karena diperlukan finalisasi lebih lanjut, maka rilis aplikasi logistik itu menjadi dilaksanakan pada Januari 2020.

Menurut dia, aplikasi yang dikembangkan ini hampir mirip dengan aplikasi layanan angkutan transportasi online yang sudah ada. Pelni tidak melakukan pelayanan terhadap seluruh proses pengiriman barang, tapi mengandalkan kerja sama dengan pihak lain, seperti untuk kegiatan bongkar muatnya dan jasa pengurusan transportasi. Pelni hanya melakukan fungsinya sebagai perusahaan pelayaran. Semua peran-peran tersebut kemudian diintegrasikan dalam aplikasi logistik Pelni.

"Aplikasi ini new bill of lading, tapi untuk nama pastinya masih dibahas lebih lanjut di internal kami. Pelni juga akan segera menyampaikan tentang aplikasi ini secara formal kepada Kementerian Perhubungan (Kemhub), meskipun secara informal sudah," imbuh Harry.

Menurut Harry, untuk mengoptimalkan aplikasi logistik Pelni, pihaknya sudah bekerja sama dengan PT Kereta Api Logistik (Kalog) dan PT Pos Indonesia. Ke depan, Pelni akan terus menggandeng perusahaan-perusahaan logistik lainnya.



Sumber: BeritaSatu.com