Tiga Konten yang Banyak Ditonton di TikTok

Tiga Konten yang Banyak Ditonton di TikTok
(Ki-Ka) Dina Bhirawa, Head of Marketing, TikTok Indonesia dan Reancy Triashari, Head of Marketing Cakap.com sedang menjelaskan kampanye #BelajarBareng yang sedang diselenggarakan oleh TikTok Indonesia di Jakarta, Jumat (6/12/2019). ( Foto: Investor Daily / Indah Handayani )
Indah Handayani / FMB Jumat, 6 Desember 2019 | 15:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Di era digital, mencari informasi semakin mudah. Bahkan, banyak yang mencarinya lewat video video 15 detik milik aplikasi Tiktok. Berdasarkan data yang dimiliki Tiktok, setidaknya ada tiga hal yang paling diburu infomasinya. Apa sajakah itu?

Head of Marketing TikTok Indonesia Dina Dhirawa mengatakan, pada akhir November lalu, pihaknya menghadirkan program #BelajarBareng untuk mengajak kreator berbagi ilmu, informasi, pengetahuan, dan keahlian melalui video di TikTok. Selama program tersebut diluncurkan setidaknya tercatat sudah ditonton oleh 576,8 juta kali oleh masyarakat Indonesia. “Hal ini terinspirasi dari yang dilakukan TikTok India. Bahkan mereka dalam satu tahun program tersebut telah dilihat sebanyak 21 miliar kali,” ungkapnya di Jakarta, Jumat (6/12).

Menariknya, lanjut Dina, sejak diluncurkan ternyata ada tiga hal paling diburu informasinya lewat video berdurasi 15 detik tersebut. Pertama, paling banyak dicari adalah mengenai kesehatan. Salah satu akun yang videonya banyak ditonton adalah Tanyakan Dokter. Pemilik akun ini adalah seorang dokter sehingga ia sering memberikan tips dan informasi mengenai kesehatan yang umum dialami masyarakat. Bahkan salah satu videonya mampu mencetak 700.000 kali dilihat oleh masyarakat.

“Hal ini sangat digemari mungkin karena masyarakat memang ingin mencari informasi yang benar dari ahllinya,” jelas Dina.

Lebih lanjut Dina menyebutkan hal kedua yang paling dicari informasinya adalah mengenai teknologi. Misalnya berbagi tips membeli laptop atau sebagainya. Salah satu akun yang mampu mencetak angka tertinggi dilihat masyarakat adalah Mulai Media yang mampu mencetak 369.000 ditonton. Ketiga, mengenai tips berolahraga yang dibagikan oleh DienLimano. Ia adalah seorang certified personal trainer yang berisi berbagai tips dan contoh gerakan olahraga yang bisa dicoba di rumah. Selain itu, akun dienlimano juga membagikan konten yang berisi penjelasan dari mitos kesehatan yang keliru.

“Misalnya minum air dingin dapat membuat gendut atau nge-gym hanya untuk menguruskan badan. Dijamin, Anda bisa menjadi lebih termotivasi untuk mulai berolahraga dan menjaga kesehatan dengan cara yang benar,” paparnya.

Tak kalah penting informasi yang sering dicari adalah mengenai bahasa asing. Reancy Triashari, Head of Marketing Cakap.com mengatakan sering kali konten mengenai edukasi menjadi tidak populer di dalam sebuah flatform video. Namun, dengan menghadirkan video berdurasi 15 detik dari Tiktok bisa menyampaikan konten dengan cara yang lebih menyenangkan. Misalnya saja konten mengenai Homophone atau bagaimana menyebutkan sebuah kata dalam bahasa asing. Konten ini paling banyak dilihat masyarakat.

“Hal itu karena sering kali kita mengalami masalah dalam penyebutannya. Kedepannya, kami akan memberikan konten yang bakal menarik, seperti bagaimana penyebutan nama-nama brand asing yang benar. Sebab, sering kali kita pun salah pengucapannya,” tutup dia.



Sumber: Investor Daily