8 Tip Belanja Daring Aman Tanpa Tertipu Produk Palsu

8 Tip Belanja Daring Aman Tanpa Tertipu Produk Palsu
Warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019). ( Foto: ANTARA FOTO / Aprilio Akbar )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 6 Desember 2019 | 20:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Berbelanja online (daring) kini menjadi salah satu aktvitas yang digemari banyak orang. Praktis dan murah menjadi alasan utama. Banyak orang juga tergiur promosi dan potongan harga. Tetapi, harap waspada belanja daring juga perlu hati-hati.

Ada berbagai macam produk yang dijual secara daring, mulai dari produk kebutuhan sehari hari, perabotan rumah tangga, hingga produk elektronik. Bahkan, saat ini banyak mereka ternama yang juga menjual produk secara daring. Pelanggan pun akan semakin banyak menemukan barang merek ternama dengan berbelanja secara daring.

Banyaknya produk yang dijual secara daring tersebut tentu semakin memudahkan orang untuk berbelanja. Banyaknya orang yang lebih memilih berbelanja daring membuat online shopping semakin banyak bermunculan, salah satunya di Indonesia. Meski dilengkapi dengan berbagai macam kelebihan, berbelanja daring juga dapat membuat Anda mendapatkan produk tiruan atau bahkan palsu. Pasalnya, Anda tidak dapat melihat secara langsung perihal kondisi produk yang akan dibeli. Agar tidak tertipu dan terhindar dari produk yang palsu, simak tip berbelanja daring berikut ini.

Pertama, pilih e-commerce yang telah terpercaya. Anda perlu terlebih dahulu mengetahui review atau track record satu e-commerce sebelum berbelanja pada e-commerce tersebut. Track record satu e-commerce dapat Anda ketahui melalui berbagai macam review di sosial media. Jika banyak review positif, dapat dipastikan bahwa e-commerce tersebut memiliki reputasi yang baik dan dapat dipercaya.

Anda perlu memastikan bahwa e-commerce yang Anda pilih tidak akan memperjual belikan data pribadi. Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan yakni perihal fitur pengembalian barang karena tidak semua e-commerce memiliki opsi ini.

Kedua, hindari membeli produk dengan harga murah. Meski identik murah, bukan berarti Anda tidak perlu waspada. Berhati-hatilah jika menemukan barang bermerek dengan harga yang terlampau sangat murah. Harga yang sangat murah merupakah salah satu indikasi bahwa produk tersebut tidak asli. Cara lain dalam mengenali harga satu produk yakni dengan membandingkannya antara toko daring yang satu dengan yang lainnya.

Ketiga, kenali produk yang akan Anda beli. Anda tentu perlu memperhatikan detail perihal kemasan, logo, serta kelengkapan produk lainnya yang seharusnya didapatkan. Apabila produk yang akan Anda beli sesuai dengan apa yang dijual di laman asli brand, dapat dipastikan bahwa produk tersebut asli. Anda perlu dengan seksama membaca bagian deskripsi produk. Apabila Anda masih merasa kurang yakin, Anda bisa langsung mempertanyakan keaslian produk yang Anda beli dengan mengirim pesan langsung pada penjual.

Keempat, lakukan cash on delivery (COD). Berbelanja daring tentu memiliki banyak metode pembayaran yang bisa Anda lakukan, mulai dari transfer rekening hingga COD. Bagi Anda yang baru pertama kali akan berbelanja daring, metode COD ini bisa menjadi pilihan. Pasalnya, COD memungkinkan penjual dan pembeli bertemu dan bertransaksi secara langsung. Sayangnya, metode COD ini tidak berlaku pada semua toko daring. Untuk menggunakan metode satu ini, pastikan Anda mencari tahu apakah metode ini dapat digunakan pada toko daring yang Anda pilih.

Kelima, gunakan jasa rekber atau rekening bersama. Rekber atau rekening bersama merupakan sebuah jasa jual beli online yang bisa Anda coba. Di mana rekber bertindak sebagai perantara antara pembeli dan juga penjual. Uang yang Anda bayarkan tidak langsung diterima oleh pihak penjual, . Pihak rekber baru akan mengirimkan biaya pembayaran tersebut apabila produk telah Anda terima dengan kondisi yang baik. Jasa rekber ini tentu akan sangat membantu Anda yang baru pertama kali berbelanja daring.

Kenali Penjual

Keenam, kenali penjual dengan baik. Seperti yang Anda ketahui, di setiap laman e-commerce tentu dilengkapi dengan berbagai macam toko lainnya. Di mana masing-masing toko tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Sebaiknya cari tahu lebih dalam perihal toko daring yang akan Anda pilih. Cermati review dari para pembeli yang pernah berbelanja di toko daring tersebut. Cara KEPO yang satu ini, tentu akan semakin membuat Anda merasa aman pada saat berbelanja secara online.

Ketujuh, simpan bukti pembayaran belanja Anda. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya apabila Anda rutin menyimpan bukti pembayaran belanja daring yang Anda lakukan. Bukti pembayaran dapat menjadi barang bukti apabila Anda mendapatkan barang yang palsu atau kw. Anda bisa melaporkannya pada pihak berwajib dan bisa menjadikan struk pembayaran sebagai barang bukti penipuan.

Kedelapan, matikan PC Anda setelah melakukan proses transaksi. Setelah selesai melakukan transaksi belanja daring, sebaiknya Anda langsung mematikan PC Anda. Pasalnya, menyalakan PC dalam jangka waktu yang lama untuk transaksi dapat membuat PC Anda mengalami pembobolan. Di mana pembobolan tersebut dapat mengambil alih kendali PC Anda dan melakukan berbagai macam transaksi yang tidak Anda inginkan. Untuk itu, sebisa mungkin matikan PC Anda segera setelah melakukan transaksi.

Bagi Anda yang melakukan transaksi secara daring menggunakan smartphone, Anda juga perlu berhati-hati pada saat mengaksesnya menggunakan WiFi umum yang gratis. Pasalnya, data yang Anda cantumkan selama transaksi dapat dengan mudah diambil alih oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Agar hal yang tidak diinginkan tersebut tidak Anda alami, sebaiknya Anda melakukan transaksi jual beli daring menggunakan WiFi pribadi atau paket data internet yang Anda miliki.

Berbagai macam tip yang telah disebutkan di atas, tentu perlu Anda terapkan agar tidak mengalami penipuan pada saat berbelanja s daring. Pasalnya, tentu sangat disayangkan bukan apabila Anda membeli satu produk palsu dengan harga yang tidak jauh dari produk aslinya. Manfaatkan delapan tip ini saat Anda berbelanja daring.



Sumber: Suara Pembaruan