Teknologi eSIM Smartfren Baru Tersedia untuk iPhone 11

Teknologi eSIM Smartfren Baru Tersedia untuk iPhone 11
Smartfren Telecom memperkenalkan teknologi eSIM di Indonesia untuk para pengguna iPhone 11 di Jakarta, pada Senin (9/12/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Unggul Wirawan )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 10 Desember 2019 | 09:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Smartfren Telecom memperkenalkan teknologi eSIM untuk para pengguna iPhone 11 di Indonesia pada Senin (9/12). Teknologi ini memungkinkan pengguna iPhone 11 menggunakan dua operator selular. Namun saat ini, teknologi e-SIM baru tersedia untuk perangkat iPhone 11.

“Smartfren mungkin bukan yang terbesar di Indonesia, tapi kami selalu yang terdepan dalam teknologi. eSIM ini merupakan teknologi baru yang akan mendominasi dunia telekomunikasi. Sayangnya, iPhone hanya punya satu slot, sementara pengguna juga ingin memiliki nomor lebih dari satu. Kehadiran eSIM ini memberi fleksibilitas bukan hanya untuk memisahkan nomor urusan pribadi atau bisnis, tapi juga saat travelling,” ujar Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim saat peluncuran di Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (9/12).

eSIM Smartfren dapat digunakan di perangkat iPhone yang sudah memiliki fitur eSIM. Smartfren menawarkan eSIM seharga Rp 180.000 dengan paket kuota hingga 90GB selama satu tahun., gratis menelepon selama 30 menit ke operator lain, dan gratis menelepon sepuasnya ke sesama Smartfren.

Pada Desember 2019, pengguna eSIM Smartfren akan langsung mendapatkan gratis roaming internet unlimited 30 hari di Singapura. Saat ini, eSIM dapat diperoleh di galeri utama Smartfren di pulau Jawa, Sumatera, dan juga Sulawesi.

“Pengguna e-SIM sudah mencapai 5.000 dan diharapkan bisa bertambah hingga 100.000 sampai 200.000 pengguna baru. Pengguna iPhone yang menggunakan layanan Smartfren sendiri mencapai 300.000 karena memang baru diluncurkan tiga bulan lalu,” tambahnya.

Lebih jauh, Deputy CEO Mobility Smartfren Sukoco Purwokardjono menambahkan saat ini teknologi eSIM di Indonesia baru dimiliki Smartfren. Saat ini, ada 14 negara yang sudah menerapkan teknologi eSIM.

Menurut Sukoco, perangkat iPhone terbaru dapat menampung hingga 14 nomor eSIM berbeda. Namun, tak semua nomor berbeda dari satu operator yang sama dapat aktif secara bersamaan.

“Seandainya pengguna misalnya menggunakan 3 nomor Smartfren, hanya salah satu yang bisa aktif. Tapi sejauh ini, teknologi eSIM baru dapat digunakan di perangkat iPhone 11. Saat ini, ponsel merek lain belum dapat menggunakan teknologi eSIM,” tambahnya.

Sukoco menjelaskan, penggunaan eSIM Smartfren sangat mudah dengan koneksi internet. Setelah buka menu settiing, pengguna bisa memilih opsi cellular dan pilih “add cellular”. Lalu setelah muncul permintaan scan QR code, pindai QRCode yang ada di kartu perdana eSIM Smartfren. Ketika proses berhasil, layar akan muncul keterangan “A Cellular Plan from Smartfren is ready to be added to Iphone”. Lalu tekan tombol add di bagian bawah. Jika telah aktif, sinyal Smartfren akan muncul di pojok kiri atas. Pengguna masih harus melakukan registrasi sesuai data diri ke 4444, sebelum iPhone bisa digunakan.



Sumber: Suara Pembaruan