Shopee Catat Transaksi Rp 1,3 Triliun GMV di 12.12

Shopee Catat Transaksi Rp 1,3 Triliun GMV di 12.12
Aplikasi Shopee. ( Foto: Beritasatu.com/ Yudo Dahono )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Senin, 16 Desember 2019 | 10:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Shopee, salah satu platform e-commerce terlaris di Asia Tenggara dan Taiwan, mencatatkan rekor terbaru di Indonesia dengan raihan Rp 1,3 triliun gross merchandise value (GMV) dalam 24 jam pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale. Selain itu, terdapat 80 juta barang terjual dan 80 juta kunjungan ke aplikasi Shopee di 7 negara.

“Kesuksesan kampanye 12.12 Birthday Sale menunjukkan masyarakat mempercayai Shopee dalam belanja online," kata CEO Shopee, Chris Feng, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (16/12/2019).

Chris Feng mengatakan, pada 12 Desember 2019, pengguna semakin mengandalkan Shopee dalam membeli kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya produk elektronik, kecantikan, dan fashion, tapi beberapa kebutuhan sehari-hari seperti sereal, dan sabun mandi menjadi produk yang diminati di Indonesia "Lebih dari 1.000 pasang kaos kaki pria terjual dalam 24 jam," kata Chris Feng.

Fakta menarik pada puncak kampanye di 12 Desember di Indonesia adalah jumlah ponsel yang terjual dapat mendigitalisasi 1.000 desa serta jumlah popok bayi yang terjual dapat dipakai selama 3.000 tahun oleh satu bayi.

Kesuksesan Shopee 12.12 Birthday Sale juga memperlihatkan peningkatan kepercayaan dalam belanja online. Pengguna di luar kota besar sudah mulai menjual dan membeli produk lebih banyak melalui online, dimana sebelumnya mereka belum pernah akses.

"Di Indonesia, daerah seperti Jawa Barat, Sumatera Selatan, dan Yogyakarta mengalami peningkatan volume belanja yang tinggi. Beberapa produk lokal terlaris antara lain hijab, lipstick, dan masker wajah organik," kata Chris Feng.

Chris mengatakan, dari tahun ke tahun, pengguna Shopee makin tersebar tidak hanya di kota besar, tapi juga kota kecil. "Shopee telah menjadi destinasi pilihan belanja bagi semua orang di berbagai negara tempat kami beroperasi," kata Chris Feng.

Shopee dengan cepat telah menjadi destinasi platform belanja online di Asia Tenggara dan Taiwan. Berdasarkan e-commerce report kuartal III-2019 dari iPrice, Shopee merupakan e-commerce yang paling banyak dikunjungi melalui aplikasi mobile maupun komputer di Asia Tenggara. Shopee juga merupakan aplikasi dengan rata-rata MAU (monthly active users) tertinggi dalam kategori belanja di Asia Tenggara.

Selain itu, pengguna mulai mencari banyak informasi sebelum melakukan pembelian. Total 180.000 jam Shopee Live telah disiarkan sepanjang puncak kampanye, dimana pengguna dapat berinteraksi dengan brand dan penjual favorit secara langsung untuk mendapatkan informasi mengenai produk terbaru dan terlaris.



Sumber: BeritaSatu.com