Wi-Fi 6 Bakal Mengubah Teknologi Nirkabel di 2020

Wi-Fi 6 Bakal Mengubah Teknologi Nirkabel di 2020
Ilustrasi koneksi Wi-Fi ( Foto: East Coast CDN )
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 24 Desember 2019 | 21:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Keberadaan Wi-Fi 6 disebutkan bakal menjadi generasi berikutnya dari perkembangan teknologi nirkabel di seluruh dunia.

Komputasi Awan Rentan Serangan Siber

Teknologi nirkabel paling baru ini, sejatinya telah diumumkan pada tahun 2019. Namun, baru pada tahun 2020 kalangan pengguna di seluruh dunia akan mulai merasakan kecanggihan yang sebenarnya.

Melansir laporan Times of India, Selasa (24/12/2019), standar baru ini menjanjikan kinerja yang lebih cepat, lebih efisien dari router Wi-Fi dan perangkat klien yang mendukungnya.

Terlebih, smartphone produksi Apple (seri iPhone 11) dan Samsung (seri Note 10) sudah mendukung teknologi Wi-Fi 6, tahun 2020 bakal menjadi momentum dari keberadaan teknologi nirkabel ini.

Sejumlah vendor kenamaan di dunia, juga disebutkan bakal meluncurkan perangkat yang mengaplikasikan Wi-Fi 6 ini di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020, yang biasanya akan berlangsung pada minggu pertama Januari di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Fasilitas Wi-Fi Gratis Dongkrak Tingkat Isian Citilink

Laporan sebelumnya yang dilansir Digital Trends menyatakan, Wi-Fi 6 menawarkan dukungan untuk teknologi MU-MIMO, yang akan meningkatkan konektivitas dengan perangkat seluler.

Dengan memiliki kinerja yang jauh lebih cepat, masalah umum dari konektivitas Wi-Fi yang sering kali tidak berada pada level optimal di dalam ruangan rumah atau kantor, diharapkan dapat diselesaikan dengan kehadiran Wi-Fi 6.

Adapun pembaruan besar lainnya yang dibawa Wi-Fi 6 adalah peningkatan usia baterai. Menurut Digital Trends, Wi-Fi 6 mendukung teknologi baru yang disebut target wake time (TWT).

Teknologi ini membantu perangkat yang terhubung Wi-Fi untuk menyesuaikan bagaimana dan kapan mereka bisa mendapatkan sinyal Wi-Fi.

Jika perangkat tidak memerlukan konektivitas Wi-Fi maka sinyal tidak akan dikirim, yang pada akhirnya akan menghemat pemakaian baterai.



Sumber: Times of India