Mimika Miliki Command Center Pertama di Papua

Mimika Miliki Command Center Pertama di Papua
Lintasarta mendukung pemerintah kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua, bangun Mimika Command Center (MCC) yang merupakan command center pertama di Papua. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 3 Januari 2020 | 17:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Lintasarta mendukung pemerintah kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua, dalam pembangunan Mimika Command Center (MCC) yang merupakan command center pertama di Papua. MMC dibangun untuk membantu perkembangan ibu kota Kabupaten Mimika, Timika, Papua.

BAKTI Gandeng 5 Penyedia Kapasitas Satelit

"Dukungan penuh yang diberikan Lintasarta menunjukkan konsistensi dalam mendukung program pemerintah dalam mengimplementasikan smart city di tanah air," papar General Manager Corporate Secretary Lintasarta, Ade Kurniawan, dalam keterangan persnya, di Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Ade mengatakan, selain command center, terdapat 10 unit closed circuit television (CCTV) yang dipasang di 10 titik lampu lalu lintas dan 2 unit CCTV di kantor pusat pemerintahan Timika yang terhubung ke MCC.

Selain itu, ada pula jaringan komunikasi yang menghubungkan 34 organisasi perangkat daerah (OPD), video conference yang digunakan untuk berkomunikasi dengan distrik-distrik hingga OPD, penyewaan bandwidth internet yang dipusatkan di data center Kominfo dan MCC, serta platform yang dapat mengintegrasikan semua aplikasi OPD dalam satu layar di MCC.

Mendagri: Ada Aspirasi Bentuk 2 Provinsi Baru di Papua

Mimika Command Center (MCC) yang terintegrasi dengan CCTV dan semua aplikasi-aplikasi OPD ini, diharapkan dapat mengurangi angka kriminalitas dan pelanggaran hukum di kantor pemerintahan pusat hingga di jalan raya, khususnya di Timika.

"Lintasarta akan terus berkomitmen dalam membantu pembangunan negeri di bidang informasi dan komunikasi teknologi dengan berbagai inovasi baru yang dapat membawa Indonesia agar mampu bersaing dengan negara tetangga maupun negara berkembang lainnya," pungkas Ade.

Launching Mimika Command Center turut pula dihadiri Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, Kapolres Mimika AKBP Era Adhinata, Plt Ketua DPRD Mimika Iwan Anwar, dan Lintasarta Senior Manager Sulampua Area Baginda PH Simbolon.



Sumber: BeritaSatu.com