Serathon 2.0: Literasi Digital Jadi Bekal Generasi Muda

Serathon 2.0: Literasi Digital Jadi Bekal Generasi Muda
Hari terakhir Serathon 2.0 yang diselenggarakan di Kampus J Universitas Gunadarma, Kalimalang, Rabu 15 Januari 2020. ( Foto: istimewa )
Jayanty Nada Shofa / JNS Jumat, 17 Januari 2020 | 10:10 WIB

KALIMALANG, Beritasatu.com - Digitalisasi telah mengubah berbagai sektor kehidupan. Salah satu sektornya adalah lapangan kerja.

Perusahaan kian menekankan pada keahlian berbasis teknologi informatika. Menjamurnya e-commerce di Indonesia, yang digemari oleh generasi millennial untuk merintis karir, juga menuntut literasi digital yang tinggi dari pekerjanya.

Serathon

Para mahasiswa aktif mengikuti Serathon 2.0.

"Ini adalah realita yang kita hadapi. Kalian sebagai mahasiswa harus terus mengasah kemampuan teknologi kalian baik terkait data maupun Internet of Things (IoT)," ujar Wiwin Then selaku Head of Data Qasir.id di acara Serathon 2.0 yang di Kampus J Universitas Gunadarma, Kalimalang pada Rabu (15/1/2020).

Alumni Universitas Gunadarma ini menambahkan, tidak dapat dipungkiri teknologi dengan artificial intelligence secara bertahap dapat menggantikan peran manusia.

"Menghadapi hal ini, kita harus memiliki mindset menjadi bagaimana saya bisa bersaing di industri. Hal ini bisa dilakukan dengan terus berinovasi," ujarnya.

Dhika Kurniawan

General Manager Business Development Berita Satu Media Holdings Dhika Kurniawan.

Adapun General Manager Business Development Berita Satu Media Holdings, Dhika Kurniawan, menyatakan bagaimana keahlian mahasiswa harus menyesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja di era digital ini.

"Seperti yang kita ketahui, semuanya kini serba web-based. Bahkan dari aspek marketing pun dilakukan secara digital," tutur Dhika.

Ia menyatakan salah satu keahlian digital marketing yang kian dibutuhkan adalah search engine optimization (SEO).

"Tidak hanya affordable, SEO kini dapat dengan mudah meningkatkan brand awareness. Keahlian teknologi inilah yang bisa menjadi bekal kalian di industri 4.0," ujarnya.

Bagi Eva Krisna selaku Marketing Manager PT Elponte International, literasi digital penting dikembangkan di generasi muda sebagai agen perubahan bangsa.

"Target pemerintah di tahun 2030 adalah masuk besar ke 10 besar kekuatan ekonomi. Jadi, kalian, para mahasiswa, harus melek terhadap teknologi," tutup Eva.

Adapun Serathon 2.0 adalah rangkaian seminar terkait IoT yang tersebar di kampus-kampus Universitas Gunadarma. Diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Gunadarma, acara ini dihadiri oleh kalangan mahasiswa.



Sumber: BeritaSatu.com