Perluas Pasar, Egogo Hub Indonesia Bidik UMKM

Perluas Pasar, Egogo Hub Indonesia Bidik UMKM
Egogo Hub Indonesia berencana memperluas pasar dengan membidik kalangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). ( Foto: Beritasatu Photo / Feriawan Hidayat )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 29 Januari 2020 | 11:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Egogo Hub Indonesia tahun ini berencana melakukan ekspansi pasar ke segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Langkah ini sejalan dengan ambisi Egogo menjadi e-commerce enabler nomor satu di kawasan Asia Tenggara.

Marymond Resmi Masuk ke Pasar Indonesia

Presiden Director Egogo Hub Indonesia, Benny Tanadi, menjelaskan, jumlah dan potensi UMKM Indonesia sangat besar. Sayangnya, baru sebagian kecil yang masuk ke pasar e-commerce. Adapun jumlah UMKM yang sukses, masih terbilang belum banyak.

"Kalau kita lihat data Kementerian Koperasi dan UKM, saat ini ada 59,2 Juta pengusaha UMKM. Dari jumlah tersebut, baru tiga juta sekian yang berkecimpung di e-commerce. Kurang lebih sekitar enam persen dan itu masih sangat sedikit. Padahal, Indonesia merupakan negara yang memimpin pertumbuhan industri e-commerce di Asia tenggara," jelas Benny Tanadi kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Berdasarkan laporan e-conomy SEA 2018 yang dikeluarkan Google-Temasek pada 2018 lalu, dari total nilai bisnis industri e-commerce Asia Tenggara yang mencapai US$ 23,2 miliar, Indonesia meraih valuasi sebesar US$ 12,2 miliar. Nilai tersebut, jauh melampaui posisi kedua dan ketiga yang ditempati Thailand dan Vietnam dengan valuasi di kisaran US$ 2 miliar hingga US$ 3 miliar.

Presiden Director Egogo Hub Indonesia, Benny Tanadi,

Egogo Hub Ikut Meriahkan Harbolnas 2019

"Sebanyak 98,7 persen bisnis di Indonesia adalah segmen UMKM. Apalagi, Indonesia menguasai lebih dari 50 persen valuasi industri e-commerce Asia Tenggara, hanya dengan enam sekian persen UMKM. Artinya, segmen UMKM ini tentu juga harus dikembangkan Egogo sebagai e-commerce enabler," tegas Benny Tanadi.

Untuk diketahui, e-commerce enabler merupakan perusahaan jasa dengan semua layanan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah produk terkenal sekaligus laris secara online.

Perusahaan e-commerce enabler seperti Egogo Hub Indonesia, memberi layanan profesional dari A sampai Z, yang biasanya meliputi konsultasi dan manajemen pemasaran digital (marketplace, ads, SEO), produksi konten (foto/video/copy product), manajemen media sosial, manajemen layanan pelanggan, manajemen pergudangan, pengepakan, pengiriman barang, hingga merancang dan mengeksekusi berbagai strategi untuk mengangkat citra dan popularitas sebuah merek.

Nakamichi Bidik Kalangan Milenial

Benny menambahkan, dalam mewujudkan ekspansi pasar ke segmen UMKM, Egogo Hub Indonesia telah merancang beberapa agenda. Pertama, menyiapkan sebuah even yang akan memperkenalkan apa dan bagaimana Egogo Hub Indonesia bisa membantu sebanyak mungkin pelaku UMKM.

"Lewat even ini, kami juga ingin teman-teman UMKM mengetahui bahwa selain memajukan usaha mereka di pasar lokal, Egogo bisa membuatnya naik kelas ke level internasional dengan cara memasarkannya ke enam negara di mana cabang Egogo berada," jelasnya.

Menurut Benny, Egogo memberikan harga penawaran khusus bagi setiap UMKM yang ingin melakukan kontrak kerja sama selama even berlangsung.

"Untuk even ini, rencananya akan dilangsungkan dalam waktu dekat. Untuk yang tertarik hadir, bisa memantau informasinya di media sosial Egogo," pungkas Benny Tanadi.



Sumber: BeritaSatu.com