Kebutuhan SDM Teknologi Informasi Masih Besar

Kebutuhan SDM Teknologi Informasi Masih Besar
Ilustrasi Programer Komputer. (Foto: Beritasatu Photo / AFP)
Carlos KY Paath / FER Selasa, 18 Februari 2020 | 21:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perkembangan bisnis digital atau yang berbasis teknologi di Indonesia sangat pesat. Tantangan utama bisnis ini yaitu kebutuhan sumber daya manusia (SDM) unggul yang siap pakai di industri.

Aplikasi Ads Mall Bidik 100.000 Transaksi

Pesatnya perkembangan sektor digital tidak diimbangi dengan ketersediaan talenta di bidang teknologi atau tech talent di dunia kerja.

Kesenjangan inilah yang coba diisi oleh G2 Academy dengan mendidik para programmer dan SDM lainnya di bidang teknologi. Pada 2020 mereka menargetkan mencetak 5.000 talenta di bidang teknologi.

"Kebutuhan tech talent ke depan sangat besar, namun kualitas SDM di bidang teknologi Indonesia saat ini belum merata. Kalau ini tidak ditingkatkan, maka bisa jadi ini nanti diisi oleh SDM dari negara luar. Karena itu, kami sangat senang ketika pemerintah menyadari ini dan ingin mendidik para anak muda kita menjadi tech talent berkualitas," ungkap CEO G2 Academy, Ferry Sutanto, dalam keterangannya, Selasa (18/2/2020).

Cartenz Gandeng Bank DKI Modernisasi Sistem Pajak Online

Ferry menyatakan perkembangan bisnis digital saat ini membutuhkan banyak SDM di bidang teknologi. "Karena selain startup digital yang tiap saat tumbuh, perusahaan-perusahaan besar juga sekarang beralih ke digital. Jadi kebutuhan SDM di bidang teknologi sangat besar," jelas Ferry.

Jika peluang ini tidak diisi oleh SDM nasional, menurut Ferry, kebutuhan itu akan diisi oleh SDM asing. "Karena kebutuhannya ada. Kalau orangnya nggak ada, ya diambil dari luar. Nah ini kan sayang, makanya harus kita isi," ucap Ferry.

Ferry menyatakan para pelajar Indonesia mampu memenangi banyak kejuaran sains dan teknologi dalam kompetisi global. Namun, untuk masuk ke dunia kerja, dibutuhkan kesiapan yang lebih.

"Karena itu sejak G2 berdiri, kami sudah melahirkan ratusan programmer dan sudah diserap dunia kerja. Saat ini kami juga terus mencari talenta-talenta baru, untuk dididik, karena permintaan dari perusahaan-perusahaan besar itu sangat banyak," terang Ferry.

IDX Incubator Gandeng 20 Startup dan UMKM

"Tahun ini kami targetkan lahirkan 5.000 talenta baru, di luar program Pak Jokowi ini ya. Jadi kalau sama program ini lebih banyak lagi dan itu akan baik bagi industri kita," pungkas Ferry.



Sumber: BeritaSatu.com