Adu Cepat Inovasi Teknologi Kamera Ponsel

Adu Cepat Inovasi Teknologi Kamera Ponsel
- Istimewa
Rully Satriadi / RSAT Selasa, 25 Februari 2020 | 09:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kamera di ponsel cerdas bukan lagi sekadar pelengkap. Selain alat komunikasi, ponsel sudah menjadi pelengkap gaya hidup sehari-hari. Komponen kamera menjadi salah satu fitur penting yang kerap menjadi pertimbangan konsumen. Alhasil saat ini, banyak produsen berlomba adu cepat menjadi inovator teknologi kamera.

Simak saja, tren perbincangan soal kamera saat Samsung meluncurkan ponsel flagship anyarnya, Galaxy S20. Ponsel ini dilengkapi dengan 108 MP kamera dan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dalam menangkap setiap momen berharga. Fitur space zoom yang membuat Galaxy S20 Ultra diklaim mampu menangkap gambar dengan hasil yang baik meski dari jarak jauh.

Tapi situs express.co.uk pada Minggu (23/2/2020) menyarankan konsumen untuk tidak tergesa-gesa membeli ponsel ini. Hal itu disebabkan ponsel Huawei P30 Pro yang juga memiliki spesifikasi teratas kini bisa didapat dengan harga yang lebih rendah.

Bagi banyak produsen, perpaduan kamera dan AI sebenarnya sudah bukan hal baru. Teknologi AI serupa telah diterapkan oleh perusahaan Huawei di produk Huawei P30 Pro pada Maret 2019 lalu.

Baru-baru ini, situs itigic.com juga mengakui ada polemik soal kemampuan kamera Samsung Galaxy S20 dengan Huawei P30 Pro. Kedua ponsel itu memang menjadi opsi yang paling menonjol untuk mendapatkan lensa 108 MP. Dua perangkat tersebut memiliki sudut lebar terbaik dengan bukaan f/2.2, yakni 12 MP untuk Samsung Galaxy S20 Ultra dan Huawei P30 Pro.

Sistem triple kamera utama pada S20 dan S20+, memiliki kemiripan pada kamera Huawei P30 yang diluncurkan lebih dulu. Namun, klaim Samsung atas kamera beresolusi tinggi sebesar 64 MP pada S20 dan S20+ barangkali agak bias. Pasalnya, lensa 64 MP terdapat bukan di kamera utama, melainkan pada lensa telephoto yang menampilkan 3x optical zoom.

Sebaliknya, ponsel cerdas Huawei P30 Pro juga dilengkapi dengan tiga kamera dengan spesifikasi kamera utama 40 MP (27mm, f/1.6). Meskipun selisih cukup jauh dengan Samsung, Huawei P30 juga didukung kamera ultrawide angle 20 MP (16mm ultrawide sensor, f/2.2) dan kamera telephoto 8 MP dengan SuperZoom Lens (5x Optical Periscope prism f/3.4).

Kemampuan Samsung menghadirkan Galaxy S20 Ultra cukup mendapatkan sorotan setelah klaim kecanggihan produk melalui 10x optical zoom-nya. Namun teknologi AI yang digunakan Samsung sudah pernah diperkenalkan Huawei pada P30 Pro, sejak tahun lalu.

Secara teknis, semakin tinggi tingkat zoom pada kamera, pengguna semakin sulit untuk mendapatkan posisi yang stabil dan menangkap gambar yang baik. Seperti beberapa produk flagship lain, Samsung Galaxy S20 Ultra telah membenamkan teknologi super steady dengan bantuan AI untuk menganalisis dan menangkap gambar yang lebih stabil.

Tetapi teknologi serupa juga sudah digunakan Huawei saat pertama kali memperkenalkan Huawei P30 Pro. Dengan optical image stabilisation yang memanfaatkan AI Image Stabilisation (AIS), teknolog Huawei dapat diandalkan untuk meningkatkan sinergi antara software dan hardware dalam meningkatkan stabilitas pemotretan zoom dari jarak jauh.



Sumber: BeritaSatu.com