Keberadaan Generasi Milenial Pacu Inovasi di Ritase

Keberadaan Generasi Milenial Pacu Inovasi di Ritase
Aplikasi Ritase menawarkantransportasi multimoda layanan logistik truk berbasis aplikasi. ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / FER Kamis, 27 Februari 2020 | 22:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ritase sebagai perusahaan rintisan atau startup marketplace truk logistik, bisa dijadikan sebagai contoh perusahaan yang digerakkan oleh generasi milenial.

Perusahaan yang kelahirannya diinspirasi pemanfaatan teknologi digital untuk memecahkan kesenjangan permintaan dan penawaran jasa angkutan truk ini, dipimpin oleh generasi milenial.

Founder dan CEO Ritase, Iman Kusnadi, mengatakan pendiri Ritase tidak secara sengaja menyiapkan startup sebagai perusahaan yang mewadahi generasi milenial.

"Kehadiran generasi milenial, menjadi salah sumber kekuatan utama kami dalam menjalankan roda perusahaan ini," ujar Iman Kusnadi dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Kamis (27/2/2020).

Baca: Aplikasi Ritase, Solusi Transportasi untuk Multimoda Digital

Alumni Universitas Parahyangan (Unpar) ini menambahkan, generasi milenial begitu lekat dengan teknologi dan internet, dan memiliki pola pikir yang berbeda. Dari pengalamannya, Iman membagi milenial menjadi dua, yaitu yang sudah punya visi dan misi tentang hidupnya, dan sebagian lainnya hanya ikut arus apa yang sedang hype di lingkungan pergaulannya atau di ranah media sosial (Medsos).

"Memasuki tahun ke tiga, Ritase sebagai perusahaan startup marketplace yang bergerak dalam bidang jasa sangat terbantu dengan kehadiran para generasi milenial, karena mereka selalu memiliki inovasi-inovasi yang beragam, yang terus membuat perusahaan ini terus maju dan berkembang pesat," tandas Iman.

Adapun salah satu produk inovatif Ritase yang diluncurkan tahun lalu adalah transportasi multimoda (combined transport) yang memadukan angkutan darat, air, dan udara di Indonesia dalam platform aplikasi (apps) marketplace logistik.

"Transportasi multimoda Ritase memanfaatkan angkutan kereta untuk jalur darat, pesawat untuk jalur udara, dan pelayaran untuk jalur air," jelas Iman.

Aplikasi ini akan mencari kombinasi angkutan yang tercepat dan termurah melalui sistem sehingga konsumen punya pilihan yang sesuai dengan kebutuhannya. Keunggulan Ritase diperoleh dari perpaduan optimasi rute dengan proses yang efektif dalam menyesuaikan beban dengan truk sebelum beroperasi sehingga menghasilkan harga yang lebih efisien.

Kini Ritase telah bermitra dengan 600 perusahaan truk yang memiliki 13.000 armada truk dan melayani beberapa perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) terbesar di Indonesia.

"Ini dunia baru dan mereka kelak akan jadi pemimpin. Ini saatnya membina mereka, megedukasi supaya bisa menjadi pemimpin yang baik," pungkas Iman.



Sumber: BeritaSatu.com