Investasi Bitcoin Jadi Pilihan Generasi Milenial
Logo BeritaSatu

Investasi Bitcoin Jadi Pilihan Generasi Milenial

Kamis, 5 Maret 2020 | 17:46 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia (BEI), tren investasi di kalangan generasi milenial Indonesia sedang meningkat. Tidak hanya memilih instrumen investasi tradisional seperti saham, obligasi, dan reksa dana, generasi milenial juga mulai menginvestasikan dana dalam bentuk mata uang kripto (cryptocurrency).

Baca: Indodax Optimistis Raih Target 2 Juta Member

Sejak popularitasnya yang melambung pada tahun 2015, bitcoin dikenal sebagai aset digital pertama yang menjadi pionir ekosistem cryptocurrency. Bitcoin merupakan mata uang kripto yang tidak dikelola oleh bank atau agensi. Namun, semua transaksi bitcoin tercatat dalam blockchain yang bersifat publik.

Berdasarkan kajian dari CNN, bitcoin merupakan instrumen investasi paling menguntungkan di dekade ini. Sebagai perbandingan, jika seseorang menginvestasikan Rp14.000 pada awal dekade ini untuk bitcoin, maka investasi tersebut akan bernilai Rp1,2 miliar pada hari ini. Dalam 10 tahun terakhir, keuntungan dari investasi bitcoin mengungguli bentuk investasi lain, seperti saham dan obligasi.

Hal inilah yang membuat bitcoin sangat populer dan digemari kaum milenial. Menurut survei Harris Poll tahun 2019, 30 persen milenial lebih memilih investasi bitcoin dibandingkan dengan obligasi pemerintah, 27 persen memilih bitcoin daripada saham, dan 24 persen memilih bitcoin daripada investasi properti.

Baca: 2020 Diproyeksikan Jadi Momentum Aset Kripto

Dengan fakta-fakta tersebut, bitcoin tentunya merupakan peluang investasi yang menarik untuk dilakukan, khususnya bagi kaum milenial di Indonesia.

Pertama, selama beberapa tahun terakhir, pasar mata uang kripto telah berkembang dengan baik. Saat ini, perdagangan cryptocurrency telah disertai dengan pengawasan dan kontrol regulasi oleh institusi keuangan dan badan pemerintah. Regulasi ketat ini, ikut mendukung sisi keamanan dalam berinvestasi pada mata uang kripto.

Kedua, harga Bitcoin mulai mencapai titik stabil dan kemungkinan besar akan terus meningkat, seiring dengan momentum adopsi masal dari masyarakat. Sejauh ini, transaksi cryptocurrency digunakan untuk menggantikan metode transfer uang konvensional ke luar negeri.

Baca: Harga Bitcoin Diprediksi Akan Meningkat

Beberapa perusahaan juga telah menerima metode pembayaran menggunakan mata uang kripto, dan tren baru ini diperkirakan akan terus bertumbuh di masa depan. Untuk fase ini, para investor dapat mengambil kesempatan untuk berinvestasi lebih awal. Sehingga, ketika bitcoin diterima secara masal, investor dapat meraih profit tinggi.

Alex Strzesniewski, COO dari CoinDeal, Alex Strzesniewski, menyatakan, secara historis, dua Bitcoin Halvings yang terakhir telah menghasilkan kenaikan harga yang signifikan.

"Menilai dari kinerja sebelumnya, menurut saya adanya penurunan block reward pada bulan Mei mendatang akan menyebabkan kenaikan harga bitcoin yang cukup drastis," kata Alex Strzesniewski, dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Sebagai tambahan, klub sepakbola populer seperti Wolverhampton Wanderers juga sudah menerima konsep mata uang digital. Mereka berkolaborasi dengan CoinDeal untuk mempromosikan penggunaan cryptocurrency.

"Di CoinDeal, kami telah berkomitmen untuk menjamin keamanan transaksi dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip berinvestasi yang baik. Melalui kerja sama ini, kami ingin memperkenalkan dunia blockchain kepada masyarakat melalui olahraga, dan kami menemukan banyak peminat mata uang digital di sini," kata Alex.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gravity Game Link Ajak RO Mania Bernostalgia

Gravity Game Link memastikan konten klasik menjadi daya tarik perilisan sekuel game legendaris, Ragnarok Online.

DIGITAL | 27 September 2021

Zenius Ajak Anak Eksplorasi Dunia Belajar Melalui Fitur Baru

Zenius menghadirkan wadah baru bagi orang tua dan anak untuk jelajahi dunia belajar bersama melalui ZeniusLand.

DIGITAL | 27 September 2021

Maksimalkan 18 Edge Data Center, Telkomsigma Raih Frost & Sullivan Awards

Telkomsigma raih penghargaan Frost & Sullivan Best Practices Awards karena mampu memaksimalkan operasi 18 edge data center.

DIGITAL | 27 September 2021

Aplikasi Pencari ART Kini Tersedia di Gawai Anda

Aplikasi pencari asisten rumah tangga profesional Maimaid.id kini tersedia di GooglePlaystore serta AppStore.

DIGITAL | 27 September 2021

Exabytes Indonesia Dukung Pemerintah Kuatkan Literasi Digital Marketing UMKM

Exabytes Group menggelar ajang “Marketing Fest” guna memacu UMKM meningkatkan penggunaan media digital atau online dalam menjalankan usahanya.

DIGITAL | 27 September 2021

Pointstar Indonesia Hadirkan Kelas Juara Bagi Komunitas Pendidikan

Kelas Juara dari Pointstar Indonesia ini juga sekaligus wadah bagi para pengajar dan siswa untuk berkolaborasi dalam sebuah platform komunitas daring,

DIGITAL | 26 September 2021

Kisah Dhyfina, Gamers Perempuan dengan Penghasilan Menggiurkan

Menyandang status pro-player dalam game online Mobile Legends, Dhyfina bisa membeli mobil idaman dan memberangkatkan umrah kedua orang tuanya.

DIGITAL | 25 September 2021

Buka Gerai Baru di Surabaya, Oppo Optimistis Pasar Ponsel Pulih

Seiring menggeliatnya pasar ponsel, Oppo telah membuka tiga gerai di Jawa Timur sepanjang tahun 2021.

DIGITAL | 25 September 2021

Abdul Gafur, Videografer Indonesia yang Sukses Garap Berbagai Proyek Internasional

Lulus dengan tiga gelar Advanced Diploma yang berbeda, Abdul Gafur berhasil menaklukkan dunia internasional dengan skill videografinya.

DIGITAL | 25 September 2021

Cerita Youtuber Andy Saputra tentang Hidup di Selandia Baru

Andy Saputra bisa dibilang salah satu dari orang beruntung yang bisa berhasil mewujudkan mimpinya untuk tinggal dan menetap di luar negeri.

DIGITAL | 25 September 2021


TAG POPULER

# Rocky Gerung vs Sentul City


# Jalur Puncak 2


# PSI


# SBY


# PKI



TERKINI
PON Papua: Tumbangkan Jabar, Tim Polo Putri DKI Jakarta Cetak Hattrick Emas

PON Papua: Tumbangkan Jabar, Tim Polo Putri DKI Jakarta Cetak Hattrick Emas

OLAHRAGA | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings