Logo BeritaSatu

Shivan Melahirkan Inovasi Plastik Ramah Lingkungan

Kamis, 5 Maret 2020 | 21:44 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com- Tumpukan sampah plastik di Indonesia masih menjadi persoalan yang tak kunjung usai. Melihat perkembangan masalah sampah plastik ini, sekumpulan socio-preneur yang dipimpin oleh Shivan membuat terobosan produk kemasan makanan dan minuman ramah lingkungan yang diberi nama, Ecorasa.

Pendiri Ecorasa, Shivan mengatakan usaha ini berangkat dari kesadaran bahwa plastik merupakan bahan yang sangat baik dan cocok sebagai kemasan, mengingat berbagai keunggulan yang dimilikinya belum tergantikan, dan sangat mendukung aktivitas kita sebagai masyarakat modern. Namun kelemahan plastik yang tidak mampu terurai secara sempurna kembali ke bumi, menjadi masalah vital terhadap lingkungan dan ekosistem bumi.

"Tidak dipungkiri kita butuh plastik. Namun persoalannya, plastik konvensional yang sekarang ada di pasaran kebanyakan membutuhkan ratusan tahun hingga puluhan tahun untuk terurai,” terangnya saat dijumpai Beritasatu.com, di kawasan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Untuk itu Ecorasa merasa penting untuk membangun ekosistem yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial. Produk yang dibuat oleh Ecorasa diproduksi menggunakan teknologi Oxium. Dengan formula tersebut, maka terciptalah produk plastik aditif oxo-biodegradable yang dapat mempercepat degradasi molekul dan kimia plastik.

"Formula eksklusif Oxium terbuat dari mineral yang tersedia secara alami yang tidak beracun, tanpa logam berat. Dalam penguraian plastik pasti terurai mengunakan Oxium sebagai adiktif yang membuat plastik lebih cepat terurai dalam waktu 2 hingga 5 tahun dan telah dipatenkan di AS, singapura dan Indonesia,” jelasnya.

Setelah dua tahun berdiri, kini Ecorasa telah bekerja sama dengan 500 pelanggan dan grup besar yang memiliki visi dan misi yang sama. Mulai dari Kulina, Cinema XXI, hingga Grand Hyatt. Shivan pun berharap, Ecorasa tidak hanya dapat mengurangi persoalan limbah plastik, tetapi juga menginspirasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

"Kita beri kesempatan untuk edukasi orang-orang agar mau berubah. Karena, masalah sampah plastik bukan berasal dari material mana yang lebih ramah atau tidak, tetapi prilaku manusia terhadap kepedulian lingkungan. Manusia sering lupa, yang kita miliki saat ini adalah ciptaan tuhan untuk diolah dengan baik. Semua harus bisa ambil tanggung jawab, demi kebaikan kita semua dan generasi yang akan datang,” tukasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Banjir Perumahan Dosen IKIP Bekasi Capai 1 Meter

Banjir di Perumahan Dosen IKIP, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, disebebkan luapan kali yang melintas di perumahan tersebut.

NEWS | 4 Oktober 2022

Megawati Minta Prajurit TNI Paham Pancasila dan Geopolitik

Menurut Megawati Soekarnoputri, memahami Pancasila berarti mengetahui sejarah bangsa dan negara Indonesia.

NEWS | 4 Oktober 2022

Kasus Hakim Agung Sudrajad, KPK Tahan Debitur Koperasi Intidana

KPK melakukan penahanan terhadap tersangka pemberi suap lainnya dalam kasus hakim agung pada Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati.

NEWS | 4 Oktober 2022

Puan Ajak Anggota DPR Heningkan Cipta untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Ketua DPR Puan Maharani menutup masa persidangan I DPR tahun sidang 2022-2023 dalam rapat paripurna.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Sahroni Apresiasi Langkah Tegas Kapolri

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi ketegasan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam menangani tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Jenguk Keluarga, Eks Menpora Imam Nahrawi Izin Keluar Lapas Sukamiskin

Eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memperoleh izin keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin dalam waktu tiga hari.

NEWS | 4 Oktober 2022

AMPI Sampaikan Belasungkawa kepada Para Korban Tragedi Kanjuruhan

Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) menyampaikan belangsungkawa kepada para korban tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Banjir Rendam Tiga Perumahan di Bekasi Akibat Hujan Deras

Hujan deras yang mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya menyebabkan banjir di sejumlah perumahan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Survei SSI, 28,9 % Pemilih PDIP Dukung Prabowo Subianto

Dalam Survei SSI, PDIP mendapat sebesar 19,6 persen suara pemilih. Namun, dari 100 persen pemilih PDIP, tapi 28,9 persen di antaranya akan memilih Prabowo.

NEWS | 4 Oktober 2022

Perwira TNI AL Bawakan Lagu Karya Bung Karno, Megawati Ikut Menari

Saat para perwira TNI di Seskoal membawakan tari dan lagu "Bersuka Ria" karya Bung Karno, Megawati tak kuasa ikut menari bersama.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Seluruh Kompetisi Eropa Adakan Mengheningkan Cipta <em></em>

Tragedi Kanjuruhan, Seluruh Kompetisi Eropa Adakan Mengheningkan Cipta

BOLA | 18 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings