Imbas Corona, Aplikasi WeKiddo Bantu Siswa Belajar di Rumah

Imbas Corona, Aplikasi WeKiddo Bantu Siswa Belajar di Rumah
Aplikasi WeKiddo (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 12 Maret 2020 | 14:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penyebaran virus corona (Covid-19) mengurangi pergerakan masyarakat, termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas siswa. Tidak hanya itu, sejumlah sekolah di Indonesia sudah mulai meliburkan diri guna mencegah penyebaran virus corona.

Baca: Selain Corona, Pemerintah Prioritaskan Penanganan DBD

Jika sekolah terpaksa diliburkan, pihak yang paling dirugikan adalah kalangan siswa atau anak didik. Pasalnya, jika semua harus terhenti atau setidaknya diundur, maka waktu pelaksanaan kegiatan belajar juga menjadi terganggu.

CEO PT WeKiddo Digital Indonesia, Ferry Irawan, mengatakan, sebenarnya permasalahan 'tempat belajar' bisa diselesaikan menggunakan berbagai cara. Melalui fitur yang dimilikinya, aplikasi WeKiddo mampu 'memindahkan kegiatan belajar di sekolah' ke dalam perangkat smartphone atau telepon pintar.

"Melalui aplikasi WeKiddo, guru dapat mengunggah semua materi pembelajaran ke dalam smartphone yang dapat diakses oleh seluruh siswa. Guru juga dapat memberikan tugas yang harus dikerjakan siswa di rumah," jelas Ferry Irawan kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Baca: Aplikasi Styles Luncurkan Fitur Baru Scan and Earn

Menurut Ferry, guru juga dapat memberikan soal latihan kepada anak didik sesuai dengan topik mata pelajaran. "Karena kegiataan belajar dilakukan di rumah, WeKiddo juga memberikan akses kepada orang tua untuk memantau seluruh kegiatan belajar mengajar yang berjalan melalui smartphone," jelasnya.

Ferry menambahkan, aplikasi WeKiddo berperan sebagai jembatan dan media interaksi antara sekolah, guru, siswa dan orang tua, yang sangat mudah digunakan dan diakses.

"Untuk penggunaan aplikasi WeKiddo sendiri bagi sekolah, guru, siswa dan orang tua, tidak dikenakan biaya. Saat ini, Wekiddo sudah dikenalkan dan dipakai oleh 42 sekolah di Jakarta dan Bogor," tandas Ferry.

Baca: Aplikasi Jualanmind Mudahkan Pelaku Jasaboga

Sementara itu, kepala sekolah SMK N 2 Jakarta, Dra Murni Astuti MM, mengatakan, ada berbagai manfaat yang didapatkan setelah menggunakan aplikasi WeKiddo.

"Pertama, dengan menggunakan aplikasi WeKiddo komunikasi antar siswa, guru dan orangtua siswa dapat terhubung dengan baik. Kemudian, juga untuk monitoring kegiatan belajar siswa menjadi lebih mudah serta untuk guru dapat lebih efektif dalam mengajar dikelas baik waktu maupun dalam memberikan materi pelajaran," kata Murni.



Sumber: BeritaSatu.com