Pencuri Kuota Mengancam Kebebasan Anak Belajar Secara Daring
Logo BeritaSatu

Pencuri Kuota Mengancam Kebebasan Anak Belajar Secara Daring

Kamis, 19 Maret 2020 | 09:44 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah memutuskan menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah. Siswa diminta belajar di rumah untuk mengurangi penyebaran virus corona baru atau covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Social Distancing Efektif Cegah Penularan Corona

Keputusan ini, cukup membuat para orang tua kerepotan. Selain harus tetap mengerjakan tugas kantor, orang tua juga mesti menjadi guru atau setidaknya memantau anak-anak agar tetap belajar.

"Ini anak-anak belajar di rumah jadi orang tua yang sibuk. Aku stres banget nih jadi pengawas. Materinya banyak banget," keluh Mesya, seorang wali murid kepada wartawan, Kamis (19/3/2020).

Anak-anak selama di rumah, mendapat pekerjaan rumah (PR) untuk dikerjakan dan dikumpulkan melalui surat elektronik. Ada juga sekolah yang mewajibkan siswa mempelajari materi sesuai jadwal harian.

Baca: Ruangguru dan Telkomsel Siapkan Sekolah Online Bebas Kuota

Mendorong anak tetap produktif belajar saat di rumah tentunya bukanlah hal yang mudah. Godaan televisi, gadget, dan suasana lingkungan bisa jadi kendala anak untuk fokus belajar.

Di sisi lain, banyak pihak bergotong royong mendorong anak-anak tetap nyaman belajar di rumah. Telkomsel misalnya. Operator telekomunikasi itu menyediakan kuota hingga 30 gigabyte (GB) secara cuma-cuma bagi masyarakat yang ingin mengkases materi pelajaran melalui aplikasi Ruangguru.

Pengguna Telkomsel bisa mengakses materi Sekolah Online dan RuangBelajar secara daring di aplikasi Ruangguru selama 30 hari sejak aktivasi. Telkomsel juga kolaborasi dengan pengelola aplikasi belajar online lainnya, yakni Quipper, Zenius, Cakap hingga Bahaso.

Baca Juga: XL Axiata Sediakan Gratis Akses ke Aplikasi Pendukung

Selain Telkomsel, XL Axiata memberikan gratis 2GB per hari untuk mengakses ke sejumlah aplikasi atau layanan data yang bisa membantu belajar atau bekerja dari rumah, mulai 18 hingga 31 Maret 2020. Aplikasi-aplikasi yang dimaksud mencakup Udemy, Ruangguru, dan Zenius untuk para pelajar atau mahasiswa.

Sayangnya, ada pihak yang menyalahgunakan inisiatif baik operator seluler. Muncul gerakan yang berusaha mengubah kuota gratis 30GB untuk akses aplikasi e-learning menjadi kuota data reguler.

Artinya, kuota gratis yang seharusnya hanya dapat digunakan untuk platform e-learning, dapat dimodifikasi menjadi kuota harian untuk mengakses aplikasi lainnya.

Baca Juga: Alasan Pemerintah Tidak Lakukan Lockdown

Upaya mengubah kuota 30GB untuk aplikasi e-learning menjadi kuota data reguler mengancam kebebasan anak-anak belajar melalui aplikasi e-learning secara gratis. Sebab, bukan tidak mungkin sewaktu-waktu operator telekomunikasi seperti Telkomsel mencabut program ini.

Mengubah kuota 30 GB untuk aplikasi e-learning menjadi kuota data reguler juga bisa disebut pencurian karena ada pihak yang dirugikan. Pelaku bisa dijerat Pasal 362 juncto 30, 32 Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

UC Browser Luncurkan Layanan Penyimpanan Cloud Gratis

UC Drive dirancang sebagai media penyimpanan yang memberi keleluasaan pengguna untuk menyimpan file konten online sebesar 20GB.

DIGITAL | 18 Maret 2020

Untuk Dapatkan Audio Berkualitas, Lakukan Hal Ini

Dibutuhkan speaker atau earphone yang dapat mengeluarkan suara kualitas terbaik.

DIGITAL | 18 Maret 2020

Salma Market Ekspansi ke Pasar Indonesia

Salma Markets menawarkan program bisnis trading aset kripto dan forex dengan modal minimal US$1.

DIGITAL | 17 Maret 2020

Wabah Corona Merebak, Validasi IMEI Tidak Ada Pemunduran Waktu

Aturan validasi IMEI berlaku tidak hanya untuk perangkat telepon seluler (ponsel).

DIGITAL | 17 Maret 2020

XL Axiata Sediakan Gratis Akses ke Aplikasi Pendukung

XL Axiata turut bergabung dengan elemen masyarakat Indonesia dalam membantu mencegah penyebaran virus corona.

DIGITAL | 17 Maret 2020

Cakap Tawarkan Solusi Kegiatan Belajar Secara Daring

Cakap mengembangkan solusi layanan untuk pendidikan, atau biasa disebut Education As A Service (EAAS).

DIGITAL | 17 Maret 2020

Pertama Kali, Vaksin Virus Corona Diuji ke Manusia

Para ilmuwan di berbagai negara berlomba-lomba mengembangkan vaksin penangkal Covid-19, bukan saling bersaing tetapi berpacu melawan cepatnya pandemik.

DIGITAL | 17 Maret 2020

Tokocrypto Resmi Perdagangkan Token Origin

Koin dengan kode OGN ini resmi diperdagangkan pada hari ini, Sennin (16/3/2020), dan langsung dapat diperjualbelikan oleh nasabah Tokocrypto.

DIGITAL | 16 Maret 2020

Imbas Wabah Corona, Javamifi Sediakan Kemudahan Berinternet

JavaMifi memahami kebutuhan internet rumah unlimited yang stabil meluncurkan program untuk menyewakan modem Internet 4G Unlimited dalam negeri.

DIGITAL | 16 Maret 2020

PUBG Mobile Lakukan Pembaruan Besar-besaran

PUBG Mobile memberikan banyak kejutan dalam menyambut perayaan ulang tahun keduanya.

DIGITAL | 16 Maret 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS