Aplikasi Meeber Bidik Pelaku Bisnis Kuliner di Jatim

Aplikasi Meeber Bidik Pelaku Bisnis Kuliner di Jatim
Chief Executive Officer PT Meeber Teknologi Indonesia, Rudy Hartawan saat memperkenalkan aplikasi kasir online untuk pujasera di Surabaya, Senin (30/3/2020). (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Amrozi Amenan / FER Selasa, 31 Maret 2020 | 00:14 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - PT Meeber Teknologi Indonesia (Meeber) mendorong para pelaku bisnis kuliner di Surabaya dan kota-kota besar di Jatim untuk memanfaatkan aplikasi kasir online guna mendukung kemajuan bisnis.

CEO PT Meeber Teknologi Indonesia, Rudy Hartawan mengatakan sebagai kota besar kedua setelah Jakarta, bisnis kuliner di Surabaya berkembang pesat dalam beberapa tahu terakhir. Masyarakat di Surabaya pun sudah tidak asing dengan pusat jajajan serba ada atau pujasera (food court), yang menawarkan aneka menu variatif.

"Secara umum, konsep pujasera adalah makanan cepat saji, dimana para pengunjung dapat langsung memesan makanan atau minuman di gerai-gerai yang siap melayani mereka. Makanan dan minuman siap saji ini umumnya butuh waktu antara 10 menit hingga 15 menit untuk meracik, memasak, hingga penyajian,” kata Rudy, di Surabaya, Senin (30/3/2020).

Matahari Putra Prima Luncurkan Fitur Chat & Shop By Whatsapp

Rudi mengatakan, pertumbuhan dan perkembangan bisnis pujasera ini memunculkan persaingan yang semakin ketat, terutama dalam menerapkan sistem dan konsep pelayanan yang cepat, menarik, serta nyaman sehingga dapat menarik konsumen untuk berkunjung.

Awalnya, pujasera merupakan gerai-gerai mandiri yang disewakan kepada pebisnis kuliner dalam satu area yang dibawahi pengelola. Sehingga pelanggan dapat memesan, membayar, dan mengambil pesanannya langsung di gerai masing-masing.
Namun sistem sewa semacam itu, sebagian besar sudah berubah menjadi sistem kemitraan atau bagi hasil.

"Ini artinya konsep pelayanan yang diterapkan juga berubah yaitu sistem pemusatan pembayaran (single cashier). Pelanggan memesan di gerai, kemudian membawa bukti pemesanan ke kasir untuk membayar baru kemudian dapat mengambil pesanannya," jelas Rudi.

Imbas Corona, Aplikasi WeKiddo Bantu Siswa Belajar di Rumah

Rudy mengungkapkan tantangan bisnis pujasera adalah bagaimana menerapkan teknologi untuk mendukung konsep layanan, sehingga menciptakan pengalaman yang unik, layanan cepat, dan nyaman (pesan, bayar, dan ambil pesanan) dan yang penting hemat biaya operasional maupun investasi bagi pengelola.

"Aplikasi Meeber menawarkan solusi untuk mendukung konsep tersebut agar tercipta Pujasera 4.0. Penerapan Meeber melalui teknologi aplikasi memungkinkan pelanggan langsung menempati meja yang di inginkan kemudian pesan dan bayar (dengan aneka ragam alat pembayaran) melalui QR Code yang disediakan di meja. Selain itu pelanggan dapat menunggu panggilan di meja atas pesanan yang sudah selesai tanpa harus antri di gerai," terangnya.

Rudy menambahkan, keuntungan yang di dapatkan oleh merchant atau pengelola dari penerapan aplikasi tersebut diantaranya adalah kenyamanan dan kecepatan dalam pemesanan, informasi promo yang lengkap, pesanan yang akurat, pesanan lebih awal (pre-order).

Prudential Perkenalkan Aplikasi Kesehatan Pulse

"Satu aplikasi dengan sistem pembayaran digital yang lengkap, solusi pembayaran tanpa tunai (cashless) atas pesanan dan pelayanan penyajian makanan tanpa antri dan dipanggil. Penerapan konsep pelayanan itu masing-masing memiliki keunikan dan keunggulan masing-masing," pungkas Rudy.

 



Sumber: BeritaSatu.com