Alami Dukung Pelaku UMKM Hadapi Dampak Pandemi Corona

Alami Dukung Pelaku UMKM Hadapi Dampak Pandemi Corona
Marketing Manager Alami, Marco Pandita (kedua dari kiri), memberikan bantuan ADP ke Rumah Sakit Pasar Rebo. Salah satu kegiatan #BuatMerekaTangguh inisiatif Alami adalah dengan menggandeng Dompet Dhuafa dengan menyediakan dan menyalurkan Alat Pelindung Diri (ADP) bagi para tenaga medis. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 3 April 2020 | 15:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Alami Fintek Sharia, perusahaan teknologi finansial dengan model bisnis financial marketplace yang mengusung konsep pembiayaan syariah untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), meluncurkan kampanye #BuatMerekaTangguh yang ditujukan kepada para tenaga medis dan UMKM di Indonesia.

Baca Juga: Imbas Corona, Sandiaga Imbau UMKM Hemat Biaya

CEO dan founder Alami, Dima Djani mengatakan, kampanye ini merupakan langkah nyata Alami sebagai perusahaan peer to peer (P2P) pembiayaan UMKM berbasis syariah, dalam membantu pihak-pihak yang tengah berjuang menghadapi pandemi virus corona di Indonesia.

"Kampanye ini merupakan inisiatif kami dalam membantu secara nyata para garda terdepan dan UMKM yang terkena dampak pandemi corona. Sebagai institusi finansial syariah, kita harus terjun langsung dalam memberikan dampak positif dalam situasi apapun," kata Dima Djani dalam keterangan persnya yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Kampanye #BuatMerekaTangguh inisiatif Alami salah satunya adalah kegiatan donasi dengan menggandeng Dompet Dhuafa dalam menyediakan dan menyalurkan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis.

Baca Juga: Xendit Gulirkan 2 Program Bantuan UMKM

Bantuan ini disalurkan kepada tenaga medis dan pasien RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RS RST DD), sebagai rumah sakit yang ditunjuk oleh dinas kesehatan (Dinkes) sebagai rujukan awal di kawasan Bogor Utara.

Selain itu, penggunaan donasi juga akan digunakan untuk pembangunan RS Container Covid-19 dan RS Lapangan Covid-19. Rencananya, kedua rumah sakit tersebut, akan difungsikan sebagai ruang isolasi pasien dan akan ditempatkan di RS RST DD, Parung, Bogor.

"Pembangunan kedua rumah sakit tersebut juga karena alasan ramah lingkungan, pembangunan yang cepat, dan tahan lama," tandas Dima Djani.

Baca Juga: Pinjaman Usaha Akseleran Tumbuh 414%

Selain kegiatan donasi, lanjut Dima Djani, Alami melalui kampanye #BuatMerekaTangguh juga mengajak para pemberi dana atau biasa disebut dengan funder, untuk ikut serta membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya di tengah pandemi corona melalui skema P2P.

"Alami memberikan donasi sebesar Rp 119.000 bagi para pendana yang mendaftar melalui platform Alami selama April 2020," tandas Dima Djani.

Adapun kegiatan terakhir sebagai pelengkap kampanye #BuatMerekaTangguh, Alami memberikan diskon kepada para UMKM yang mengajukan pembiayaan melalui platform.

Baca Juga: Hipmi Jaya Usulkan Insentif UMKM

"Hal ini merupakan langkah Alami untuk mempertangguh para UMKM untuk dapat terus mengembangkan bisnisnya di situasi yang penuh ketidakpastian ini," pungkas Dima Djani.



Sumber: BeritaSatu.com