Egogo LID Bantu Pebisnis Dorong Penjualan di Marketplace

Egogo LID Bantu Pebisnis Dorong Penjualan di Marketplace
Egogo Hub mengembangkan dasboard Egogo LID yang baru saja diluncurkan pada bulan Maret 2020, untuk membantu kalangan pebisnis mendapatkan data dan wawasan performa bisnis di semua marketplace besar Indonesia. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 7 April 2020 | 11:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Informasi adalah dasar keputusan bisnis, yang pada akhirnya akan menentukan apakah sebuah bisnis sukses atau tidak. Informasi yang akurat membutuhkan analisa, dan analisa membutuhkan data.

Baca Juga: Pasar E-Commerce Indonesia akan Capai US$ 46 Miliar di 2025

Bagi kalangan pebisnis yang berjualan di berbagai marketplace, tiga rantai penting penentu kesuksesan bisnis kini bisa didapatkan lewat layanan Egogo Live Integrated Dashboard (LID).

Egogo LID dikembangkan oleh e-commerce enabler Egogo Hub Indonesia dan baru saja diluncurkan pada bulan Maret 2020. Dengan layanan ini pengguna bisa mendapatkan data dan wawasan performa bisnis di semua marketplace besar Indonesia dalam satu dashboard.

Presiden Direktur Egogo Hub Indonesia, Benny Tanadi menerangkan, dashboard Egogo LID dapat menampilkan tiga kategori data, yakni brand performance, marketplace sales performance, dan geographic performance. Ketiganya memuat semua data yang diperlukan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

Baca Juga: Mapel Ramaikan Industri Marketplace di Indonesia

"Data brand dan geographic performance biasanya juga ada di setiap marketplace. Namun, jika ada banyak produk dan merek di banyak marketplace, tentu akan repot melakukan analisa atau sinkronisasi data. Harus pindah-pindah dari satu dashboard marketplace ke dashboard marketplace lain. Butuh banyak waktu dan tenaga. Menurut kami ini masalah dan Egogo LID adalah solusi yang kami tawarkan," kata Benny Tanadi kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Benny menerangkan, solusi Egogo LID dapat sekaligus mengontrol semua merek atau toko pengguna di berbagai marketplace besar Indonesia seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, JD, dan Blibli. Pada sisi analitik, pengguna dapat melakukan analisis kinerja merek, harga produk, potensi pasar, penetapan dan pencapaian target.

Dari sisi penjualan, pengguna dapat melihat angka ketersediaan stok, jumlah total penjualan dengan filter kategori produk atau merek, dan mengetahui jumlah total pembeli serta klaster lokasi di seluruh wilayah Indonesia. Data bisa dipantau secara real time atau dilihat dalam periodisasi hari, minggu, bulan, tahun dan dapat diubah menjadi sebuah dokumen laporan dengan mudah.

Baca Juga: K-Beauty Purito Rambah Pasar Indonesia

"Tidak perlu keahlian khusus untuk menggunakan Egogo LID. Fitur-fitur Egogo LID dirancang supaya semua orang bisa menggunakannya. Jika anda bisa main Instagram, maka pasti bisa mengoperasikan Egogo LID," kata Benny Tanadi.

Dalam uji penggunaan, dashboard Egogo LID berhasil memperlihatkan jumlah total hasil penjualan berbagai marketplace hanya dalam dua kali klik, dan berubah sesuai pertambahan transaksi yang terjadi secara real time. Begitupun saat filter kategori merek maupun produk diterapkan.

Saat dibandingkan, user interface (UI) Egogo LID tampak lebih ramah pengguna dibandingkan dashboard milik berbagai marketplace. Seluruh halaman dashboard tampak bersih, ringkas, responsif dan menarik. Langkah-langkah pengoperasian setiap fitur sangat efisien, intuitif, dan paling penting, akurat.

Baca Juga: Perluas Pasar, Egogo Hub Indonesia Bidik UMKM

"Busines is war and war is ninety percent information. Kemampuan dan kemudahan Egogo LID akan membantu sukses kalangan pebisnis di berbagai marketplace Indonesia," tandas Benny Tanadi.



Sumber: BeritaSatu.com