Kabar Baik, Ilmuwan Oxford Janjikan Vaksin Virus Corona Siap September Nanti

Kabar Baik, Ilmuwan Oxford Janjikan Vaksin Virus Corona Siap September Nanti
Ilustrasi vaksin. ( Foto: AFP )
Heru Andriyanto / HA Sabtu, 11 April 2020 | 23:08 WIB

Beritasatu.com – Seorang profesor di Oxford University, Inggris, mengklaim bahwa vaksin untuk penyakit Covid-19 yang disebabkan virus corona bisa siap pada September tahun ini.

Sarah Gilbert, profesor bidang vaksinologi, memimpin tim peneliti yang mengembangkan vaksin untuk virus corona di Oxford University.

Virus corona saat ini sudah menginfeksi lebih dari 1,7 juta orang di muka bumi. Jumlah korban jiwa akibat pandemik ini juga sudah melewati angka 100.000 orang.

Profesor Gilbert mengatakan dia “80 persen yakin” vaksin yang sedang dikembangkan oleh timnya akan berhasil memberi perlindungan bagi manusia terhadap penyakit tersebut.

“Saya kira peluangnya tinggi bagi [vaksin] ini untuk bisa efektif, berdasarkan pada hal-hal lain yang telah kami lakukan terkait vaksin tipe ini. Ini bukan sikap gegabah karena setiap pekan yang berlalu, kami jadi punya lebih banyak data untuk dicermati,” ujarnya seperti dikutip sejumlah media Inggris, Sabtu (11/4/2020).

Sebagian besar pakar berpendapat bahwa pengembangan vaksin virus corona butuh waktu sampai 18 bulan sebelum bisa diproduksi dan didistribusi secara global, tetapi Profesor Gilbert ingin mempercepat proses uji klinis dengan membiarkan sukarelawan yang terlibat terinfeksi secara alami.

Menurutnya, para sukarelawan dari daerah yang tidak terkena karantina akan memberi hasil yang lebih efisien.

“Jika salah satu wilayah itu ternyata memiliki tingkat penularan virus yang tinggi, maka kami akan bisa membaca efektivitasnya dengan sangat cepat, jadi itu merupakan satu strategi untuk menghemat waktu,” kata Gilbert.

“Karantina total membuatnya lebih sulit. Namun, kami juga tidak ingin munculnya kekebalan kelompok [herd immunity]. Kami ingin mereka [sukarelawan] ini justru rentan terinfeksi dan terpapar [virus] semata-mata agar uji coba ini bisa mengetahui efektivitasnya.”

Jika semua berjalan lancar, vaksin yang manjur bisa siap pada September tahun ini, imbuh Profesor Gilbert.

Namun, dia menambahkan tak seorang pun bisa menjamin bahwa vaksin ini akan manjur.

Pemerintah Inggris menyiapkan dana puluhan juta pound untuk pengembangan vaksin yang manjur dan siap pakai. Tim peneliti Oxford itu masih berunding dengan pemerintah untuk bisa memproduksi vaksin tersebut.

“Kami tidak ingin nantinya terjadi bahwa kita sebetulnya punya vaksin yang sangat efektif, tetapi tidak ada vaksin yang siap digunakan,” kata Gilbert.

Para pakar lain mendukung tim tersebut dan percaya bahwa klaim Profesor Gilbert ada dasarnya.

"Tim vaksin Oxford adalah salah satu tim pengembang vaksin virus paling canggih di dunia, dan sudah membuat persiapan untuk meneliti vaksin selama beberapa tahun,” kata Brendan Wren, profesor di bisang patogenik mikroba di London School of Hygiene and Tropical Medicine.

"Artinya mereka bisa secepatnya menguji dan mengevaluasi calon vaksin Covid-19 ini [pada manusia]. Klaim bahwa kandidat vaksin ini akan siap pada September nanti bukanlah hal mengejutkan."

Namun, Profesor Brendan mengingatkan bahwa kemampuan manufaktur Inggris masih kurang, dan vaksin itu harus antre di barisan belakang jika akan diproduksi di negara-negara lain yang lebih baik kemampuannya, seperti Jerman, Belgia, dan Prancis.

"Era yang mendesak ini butuh upaya yang mendesak pula, jadi sah saja kalau dilakukan produksi sebelum kita tahu data yang menyeluruh,” kata Brendan.

"Bahkan kalau nantinya vaksin ini tidak efektif, dia bisa bermanfaat bagi produksi vaksin-vaksin Covid-19 lainnya, atau vaksin melawan jenis virus dan bakteri yang lain.”



Sumber: Independent