Aplikasi MRT-J Mudahkan Penumpang MRT Jakarta

Aplikasi MRT-J Mudahkan Penumpang MRT Jakarta
PT MRT Jakarta (Perseroda) meluncurkan aplikasi pembelian tiket bernama MRT-J. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Muawwan Daelami / FER Senin, 27 April 2020 | 20:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) meluncurkan aplikasi pembelian tiket bernama MRT-J. Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi tersebut untuk membeli tiket dan memindai kode QR di pintu penumpang (passenger gate) kemudian masuk ke area berbayar beranda peron (paid concourse).

Baca: MRT Jakarta Tutup Stasiun Bendungan Hilir dan Senayan

"Aplikasi ini merupakan inisiatif kami mengikuti tren penggunaan aplikasi sebagai alat pembayaran transaksi di masyarakat," ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar dalam pernyataan resminya, Senin (27/4/2020).

Fasilitas pemindai kode QR, sambung William, juga merupakan salah satu langkah perusahaan untuk mengurangi interaksi fisik dengan mendukung penerapan physical distancing sehingga calon penumpang MRT Jakarta terhindar dari paparan virus Covid-19.

Aplikasi MRT Jakarta

Meski begitu pengguna jasa MRT Jakarta tetap dapat menggunakan kartu jelajah berganda dan uang elektronik seperti yang berjalan selama ini.

PT MRT Jakarta (Perseroda) berharap penggunaan aplikasi sebagai alat pembayaran ini dapat memudahkan masyarakat yang harus bekerja di luar rumah, seperti petugas medis, pekerja yang bertugas menyediakan atau menyalurkan kebutuhan pokok dan pekerja sektor lain yang diizinkan beroperasi selama aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca: Kebijakan Transportasi Cukup Efektif Selama PSBB

William menyebut, dengan alat pembayaran baru ini, diharapkan juga dapat meminimalisir interaksi para penumpang dengan petugas dan menurunkan pembelian tiket di mesin pembayaran.

Adapun teknisnya, kata William pengguna dapat mengunduh aplikasi tersebut di Google Play atau Apple Store mulai hari ini dan dapat digunakan di setiap stasiun MRT Jakarta yang masih beroperasi yaitu Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete Raya, Blok M BCA, Dukuh Atas BNI, dan Bundaran HI.



Sumber: BeritaSatu.com