Aplikasi Super Galang Donasi Bantu PKL Terdampak Covid-19

Aplikasi Super Galang Donasi Bantu PKL Terdampak Covid-19
Penyaluran bantuan paket sembako kepada para PKL dan masyarakat kecil di wilayah Surabaya dan sekitarnya. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Amrozi Amenan / FER Selasa, 19 Mei 2020 | 21:27 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Aplikasi Super menggalang gerakan sosial untuk membantu para pedagang kaki lima di wilayah Surabaya dan Sidoarjo yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Aplikasi Kesan Jadi Teman dan Referensi Ibadah Ramadan

Head of Retail and Marketing Aplikasi Super, Aimi mengatakan, pandemi Covid-19 telah membawa dampak besar bagi pedagang kaki lima (PKL), terlebih pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Surabaya dan Sidoarjo sejak akhir April lalu, membatasi aktivitas di luar ruangan, telah menyebabkan pendapatan mereka turun drastis.

"Sementara, beban berat yang dipikul pedagang kaki lima selama ini kurang mendapat perhatian," ujar Aimi kepada Beritasatu.com, di Surabaya, Selasa (19/5/2020).

Untuk meringankan beban mereka, kata Aimi, aplikasi Super menggalang gerakan sosial yang mengajak masyarakat untuk membantu mereka yang membutuhkan melalui laman situs sembakountuksedulur.

Baca Juga: Aplikasi Cakap Dukung Aktivitas Belajar Online

"Melalui situs ini, masyarakat bisa ikut berdonasi yang nantinya akan dirupakan dalam bentuk sembako, lalu disalurkan kepada pedagang kaki lima atau masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Aimi menuturkan, donatur bisa memilih untuk berdonasi dalam bentuk paket sembako senilai Rp 100.000 maupun uang tunai dengan nilai berapa pun sesuai dengan kemampuan. Hingga Juli 2020 mendatang, donasi yang terkumpul melalui laman situs sembakountuksedulur ditargetkan bisa mencapai Rp 1 miliar.

"Adapun untuk penyaluran paket sembako akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, ditargetkan donasi bisa dibagikan pada saat hari raya Idulfitri untuk menghibur mereka yang tidak bisa mudik. Mari kita merayakan hari kemenangan dengan berbagi,” ujar Aimi.

Baca Juga: Aplikasi Aminin Miliki Fitur Penunjuk Arah Kiblat Paling Akurat

Aimi menjelaskan, aplikasi Super merupakan aplikasi social commerce di bidang produk sembako untuk toko grosir atau kelontong dan agen yang dimajukan melalui program Super Center dengan digitalisasi toko kelontong dan 3P, yakni pelatihan, pendapatan tambahan, dan promosi. Saat ini terdapat 5.000 agen dan toko kelontong yang sudah terdaftar dan 250 toko yang tergabung menjadi Super Center.

"Hingga akhir tahun ini ditargetkan ada 10.000 toko kelontong dan agen yang menggunakan aplikasi Super dan 2.000 toko yang tergabung menjadi Super Center,” pungkas Aimi.



Sumber: BeritaSatu.com