Kuartal I, Pengiriman Smartphone Samsung Turun 18%

Kuartal I, Pengiriman Smartphone Samsung Turun 18%
Samsung Galaxy S20 dan Samsung Galaxy S20 Ultra. (Foto: Samsung)
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 26 Mei 2020 | 23:30 WIB

Seoul, Beritasatu.com - Pengiriman ponsel pintar atau smartphone Samsung Electronics Co mengalami penurunan sebesar 18 persen pada kuartal pertama tahun ini di tengah merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) secara global.

Baca Juga: LG CNS Kembangkan Identifikasi Digital Berbasis Blockchain

Melansir kantor berita Yonhap, Selasa (26/5/2020), laporan yang dikeluarkan Counterpoint Research menyatakan, penurunan tersebut tidak mempengaruhi posisi Samsung sebagai salah satu vendor smartphone global.

Perusahaan raksasa teknologi asal Korea Selatan (Korsel) ini, mengirimkan 59 juta smartphone pada periode Januari-Maret, turun dari 72 juta unit setahun sebelumnya.

Adapun pangsa pasar atau market share Samsung di kancah global disebutkan sebesar 20 persen pada kuartal pertama tahun ini, atau turun 1 poin dibanding persentase kuartal yang sama di tahun lalu.

Baca Juga: Pengiriman Smartphone ke Pasar Capai 7,5 Juta Unit

Posisi Samsung diikuti oleh Huawei Technologies Co dari Tiongkok di posisi kedua dengan pangsa pasar 17 persen. Sedangkan Apple Inc disebutkan berada di posisi ketiga dengan raihan 14 persen.

Sementara, LG Electronics Inc disebutkan meraih market share 2 persen pada kuartal pertama, dengan jumlah pengiriman smartphone kuartal pertama turun lebih dari 27 persen dalam satu tahun terakhir menjadi sekitar 5 juta unit.

Pihak Counterpoint Research mengatakan, pandemi virus corona (Covid-19) menyebabkan pengiriman smartphone global hanya mencapai 295 juta unit pada kuartal pertama, atau pertama kalinya dalam enam tahun angka tersebut turun di bawah 300 juta unit.



Sumber: BeritaSatu.com