Wow! Apple Diskon Besar-besaran iPhone di Tiongkok

Wow! Apple Diskon Besar-besaran iPhone di Tiongkok
Karyawan dan pelanggan Apple, mengenakan masker di lokasi toko di Beijing pada 22 Februari 2020. (Foto: AFP / Nicolas Asfouri )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Selasa, 2 Juni 2020 | 08:12 WIB

Shanghai, Beritasatu.com - Apple memberikan potongan harga (diskon) besar-besaran iPhone terbaru di Tiongkok menjelang festival belanja online. Langkah ini untuk menjaga momentum ekonomi setelah perekonomian di negara kedua terbesar dunia itu dibuka kembali bertahap setelah lockdown akibat virus corona.

Di Tiongkok, Apple menjual produknya melalui berbagai saluran distribusi. Di situs e-commerce toko resmi Apple hadir di Alibaba, dan Tmall. Apple juga telah menunjuk JD.com sebagai reseller resmi iPhone.

Di Tmall, konsumen dapat membeli iPhone 11 64 GB seharga 4.779 yuan (US$ 669,59) atau setara Rp 9,7 juta, turun sekitar 13 persen dari harga resminya 5.499 yuan.

IPhone 11 Pro dibanderol 7.579 yuan, turun dari 8.699 yuan. Sementara iPhone Pro Max dijual 8.359 yuan dibandingkan harga resminya 9.599 yuan. IPhone SE yang baru-baru ini dirilis, atau termurah di jajaran Apple, dihargai 3.099 yuan, turun dari 3.299 yuan.

Baca juga: Jadi Sasaran Perusuh, Apple Store di AS Ditutup

Sementara di web resmi Tiongkok milik Apple tidak menunjukkan penurunan harga.

Obral besar-besaran iPhone juga terjadi di JD.com. IPhone 11 64GB dihargai 4.599 yuan, dan iPhone 11 Pro dibanderol 6.999. Bahkan iPhone 11 Pro Max dijual seharga 7.499 yuan atau didiskon 21 persen dari harga aslinya di JD.com. Sementara IPhone SE dibanderol 3.069 yuan atau turun dari 3.199 yuan.

Baca juga: Imbas Kerusuhan, Amazon dan Apple Sesuaikan Operasional

Juru bicara JD.com mengatakan perusahaan melakukan diskon setiap hari selama festival belanja online yang disebut 6.18. Namun potongan harga dapat bervariasi dari hari ke hari. Harga yang tercantum dalam artikel ini mencerminkan promosi pada 1 Juni.

Dia mengatakan bahwa volume transaksi produk Apple pada jam pertama penjualan pada 1 Juni naik tiga kali lipat dari periode yang sama tahun lalu. Sayangnya dia tidak menjelaskan angka kenaikan itu.

Apple tidak menanggapi permintaan komentar ketika dihubungi CNBC.

Penjual pihak ketiga lainnya juga menawarkan diskon di JD.com dan Tmall. Diskon besar pada merek-merek ponsel ternama seperti Apple pada festival belanja 6.18 di Tiongkok, menunjukkan persaingan sengit antara raksasa e-commerce di negara itu, guna mendapatkan konsumen.

Acara belanja yang berlangsung pada 18 Juni 2020 ini mirip Singles Day, periode penjualan 24 jam utama yang berlangsung pada 11 November setiap tahun di Tiongkok.

Manajer penelitian IDC Will Wong kepada CNBC mengatakan bahwa ini kedua kalinya Apple berpartisipasi dalam acara 6.18. "Tahun lalu, penjualan mereka bagus dari hasil diskon dan promosi," kata Wong.

Untuk tahun ini, menurut dia, waktu yang tepat bagi Apple melakukan promo karena orang sangat berhati-hati melakukan pengeluaran setelah perekonomian dibuka. "Diskon akan merangsang permintaan," kata dia.

Potongan harga iPhone sebelumnya sering terjadi karena kurangnya permintaan smartphone. Namun Apple saat ini melihat momentum yang baik di Tiongkok setelah penguncian negara itu selama wabah Covid-19 sehingga memaksa raksasa teknologi AS menutup toko.

Analisis CNBC baru-baru ini menunjukkan permintaan Apple di Tiongkok pada bulan April melonjak karena ekonomi dimulai kembali. “IPhone murah sebenarnya menarik banyak perhatian belakangan ini. Mereka mencoba menargetkan basis pelanggan iPhone generasi sebelumnya misalnya iPhone 6, iPhone 7 dan iPhone 8,” kata Wakil Presiden Canalys, Nicole Peng, kepada CNBC.



Sumber: CNBC