Tips Belanja Online Gawai dengan Aman

Tips Belanja Online Gawai dengan Aman
Ilustrasi memilih gadget. (Foto: Dok )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Jumat, 5 Juni 2020 | 13:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Di tengah upaya memutus penyebaran Covid-19, pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kondisi ini banyak mengubah pola perilaku serta kegiatan masyarakat dalam kehidupan sosial sehari-hari maupun dalam dunia usaha.

Salah satu perubahan adalah pemilihan metode belanja online sebagai alternatif memenuhi beragam kebutuhan termasuk gadget dan barang elektronik. Namun, tidak sedikit masyarakat yang masih takut berbelanja online karena ada keraguan keaslian produk, perbedaan harga, keamanan pengiriman hingga garansi.

Menjawab kekhawatiran tersebut, Samsung bersama Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara memberikan solusi yang memberikan keuntungan dengan menjamin keaslian, sampai garansi dan harga terjamin. “Dalam situasi pandemi seperti ini, kami harus berupaya untuk tetap memenuhi kebutuhan konsumen, terutama bagi yang ingin membeli gadget (gawai) terbaru dengan aman dari rumah mereka," kata Head of Online Business Samsung Electronics Indonesia Desny Tjung dalam keterangannya Jumat (5/6/2020).

Untuk menghindari penipuan saat belanja online, Samsung dan Shopee mengajak seluruh pengguna untuk memanfaatkan beberapa tips pintar.

Pertama, berbelanja di e-commerce, sebaiknya pilih penjual yang memiliki toko resmi (official shop) karena lebih aman. Pasalnya, penjual pelapak menjual produk resmi dan telah terverifikasi dari suatu brand.

Kedua, pastikan penjual menawarkan garansi resmi karena akan mempengaruhi layanan purnajual jika ada kerusakan di kemudian hari. Adanya garansi resmi juga bisa meyakinkan pembeli bahwa produk tersebut bukan barang ilegal dan IMEI produk terdaftar sesuai dengan regulasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Ketiga, mencari promo terbaik. Saat ingin berbelanja gadget secara online, carilah toko online di platform e-commerce yang menawarkan promo voucher potongan harga karena jauh lebih ekonomis.

Keempat, memilih metode transaksi dan pengiriman yang aman. Berapa pun harga barang yang dibeli, pastikan agar transaksinya diselesaikan melalui platform e-commerce agar riwayat pemesanan terekam di sistem dan tentunya menjamin keamanan.

Head of Brands Management Shopee Indonesia Daniel Minardi menyatakan, Shopee bersama mitranya terus memperbanyak ragam produk, seperti kerja sama dengan Samsung yang menyediakan berbagai produk-produk elektronik seperti smartphone berkualitas.



Sumber: BeritaSatu.com