Belanja Daring Jadi Pilihan di Era Pandemi Covid-19

Belanja Daring Jadi Pilihan di Era Pandemi Covid-19
Ilustrasi aplikasi Freshco. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 6 Juni 2020 | 09:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Memasuki era kenormalan baru atau new normal, banyak bermunculan lini bisnis yang mengusung kemudahan berbelanja buah dan sayur secara daring.

Baca Juga: Pengguna Aplikasi Cakap Naik Lima Kali Lipat

Sayangnya, ekspektasi pengalaman berbelanja yang diharapkan pengguna masih dirasakan kurang memuaskan. Terlebih, bagi konsumen yang terbiasa berbelanja kebutuhan sehari-hari secara daring.

Marketing Manager Freshco, Fauzi Rahman mengatakan, beragam kendala terkadang dialami pengguna saat berbelanja secara daring.

"Misalnya, minimum purchase sampai pengaturan jadwal kirim yang disesuaikan dengan waktu panen. Hal itu, membuat konsumen berpikir ulang untuk melakukan pemesanan atau order," kata Fauzi Rahman kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

Fauzi Rahman menjelaskan, Freshco hadir sebagai jawaban atas permasalahan yang muncul bagi penikmat belanja kebutuhan rumah tangga secara online. Sebabnya, pengguna aplikasi mobile ini dapat lebih menghemat waktu dalam memenuhi kebutuhan buah dan sayur.

Baca Juga: Cortex Raih Pendanaan Rp 310 Miliar dari Softbank

"Pengguna Freshco tak perlu keluar rumah untuk melakukan pemesanan buah dan sayuran di era new normal. Sehingga, waktu bersama keluarga menjadi lebih luang," tandasnya.

Menurut Fauzi Rahman, Freshco menawarkan tujuh solusi ideal untuk membeli buah dan sayur secara daring. Pertama, tidak perlu pre-order. Pasalnya, Freshco memiliki jaringan petani yang luas, baik petani lokal hingga mancanegara.

"Mulai dari sistem pola panen dari petani, gudang penyimpanan berpendingin dan distribusi produk yang tepat, sehingga kualitas kesegaran pasti terjaga dengan baik. Dengan supply chain management yang baik, ketersediaan produk segar dapat tersedia kapan saja sesuai dengan musim buah dan sayur," paparnya.

Kedua, tidak ada minimum pembelian. "Belanja di Freshco, pasti dikirim walaupun belanja satu jenis produk,” kata Fauzi Rahman.

Baca Juga: UMKM Indonesia Jadi Sasaran Penambang Kripto

Ketiga, gratis ongkos kirim atau ongkir. Fitur ini menjadi poin penting saat konsumen akan mengambil keputusan untuk melakukan transaksi di sebuah platform digital. "Freshco menerapkan promo free ongkir bagi konsumen yang berbelanja di platform Blibli dan JD.ID dengan syarat dan ketentuan berlaku sesuai regulasi masing-masing marketplace,” kata Fauzi Rahman.

Keempat, harga murah. "Dengan varietas dan jenis yang sama, harga produk yang ditawarkan lebih murah dibanding dengan platform sejenis yang menyediakan komoditas sayur dan buah,” kata Fauzi Rahman.

Kelima, pengiriman dalam 24 jam. Produk buah dan sayur yang dijual secara online akan dikirimkan ke konsumen tidak lebih dari 24 jam terhitung dari konsumen melakukan pemesanan atau order. "Misalnya, pelanggan order pukul 10.00 WIB, maka barang yang dibeli akan sampai pada pukul 17.00 WIB,” jelas Fauzi Rahman.

Keenam, produk buah dan sayur bervariatif. "Sesuai dengan tagline beyond fresh, kami ingin menghadirkan pengalaman belanja buah dan sayur yang berkesan bagi setiap pembelian produk segar Freshco,” jelasnya.

Baca Juga: Google Putuskan Tunda Perilisan Android 11 Beta

Ketujuh, layanan Freshco tersebar di 3 kota besar di Indonesia. "Freshco telah memiliki kantor cabang di Jakarta, Surabaya dan Makassar. Dengan demikian, cakupan wilayah distribusi buah dan sayur secara online lebih luas dibanding penyedia layanan sejenis," tandas Fauzi Rahman.



Sumber: BeritaSatu.com