XL Axiata Gandeng Google Cloud Perkuat Transformasi Digital

XL Axiata Gandeng Google Cloud Perkuat Transformasi Digital
Ilustrasi XL Axiata. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Lona Olavia / MPA Selasa, 9 Juni 2020 | 12:56 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com-PT XL Axiata Tbk dan Google Cloud jalin kemitraan strategis untuk melanjutkan perjalanan transformasi digital perusahaan telekomunikasi. Melanjutkan strategi hybrid-cloud XL Axiata dengan Anthos ditargetkan bisa mengalihkan 70% beban kerjanya ke cloud dalam tiga tahun ke depan. Google Cloud Anthos memungkinkan perusahaan untuk membangun dan mengelola aplikasi berbasis Kubernetes, baik yang ada di pusat data lokal, Google Cloud, atau solusi cloud lainnya, tanpa perlu modifikasi.

Chief Information and Digital Officer XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, dengan memigrasikan platform layanan mikronya ke Google Cloud dan menghadirkan Google Kubernetes Engine (GKE) Anthos di pusat data lokalnya, XL Axiata mampu memperluas kapabilitas cloud di sumber daya yang dimilikinya, baik yang lokal atau berbasis cloud secara ekonomis.

XL Axiata juga berencana untuk mengimplementasikan platform analisis data Google Cloud yang bisa diskalakan untuk menyempurnakan pengalaman pelanggan melalui teknologi berbasis data dan AI (kecerdasan buatan). “Peluncuran region GCP Google Cloud di Jakarta akan memampukan XL Axiata untuk menyimpan, memproses, dan menganalisis data secara real time dan lokal untuk melayani pelanggan lama dan yang baru di Indonesia dengan lebih baik,” katanya dalam siaran pers, Selasa (9/6).

Perseroan, sambung Yessie juga telah menjadi rekan interkoneksi Google Cloud, sehingga keduanya akan bisa menyajikan konektivitas berkecepatan tinggi, layanan cloud, dan peluang pertumbuhan digital bagi pelanggan di Indonesia, dengan kemampuan transfer data antara kelima pusat data XL Axiata dan jaringan global Google.

“Dengan semakin banyaknya bisnis di Indonesia yang berupaya mengadopsi strategi cloud untuk meraih keandalan, ketahanan, dan perlindungan data, koneksi langsung dari layanan Interkoneksi Partner memberikan jaminan performa yang terbaik. Melalui Interkoneksi Partner, traffic antara jaringan lokal dan Google Cloud tidak melewati jaringan internet publik, melainkan diarahkan melalui jalur langsung di jaringan milik XL Axiata. Ini mengurangi jumlah titik rawan di mana traffic biasanya berpotensi tidak tersampaikan atau mengalami gangguan, serta menawarkan keuntungan berupa fungsionalitas keamanan dan pengelolaan yang lebih baik,” jelasnya



Sumber: BeritaSatu.com