Aplikasi Zoom Ternyata Miliki Fitur Blokir Pengguna

Aplikasi Zoom Ternyata Miliki Fitur Blokir Pengguna
Aplikasi Zoom (Foto: RTE / Dokumentasi)
/ FER Senin, 15 Juni 2020 | 22:40 WIB

San Francisco, Beritasatu.com - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat banyak orang harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH) karena penerapan kebijakan physical distancing.

Baca Juga: Nilai Kapitalisasi Pasar Zoom Tembus Rp 895,7 Triliun

Untuk mereka yang membutuhkan konferensi video, aplikasi konferensi video Zoom menjadi alternatif pilihan karena bisa digunakan sebagai sarana video call secara gratis.

Melansir laman The Verge, Senin (15/66/2020), aplikasi Zoom disebutkan tengah menyiapkan fitur baru yang dapat memblokir pengguna berdasarkan lokasi geografis.

Hal itu dilakukan oleh Zoom, setelah menangguhkan tiga akun pengguna yang berbasis di Hong Kong dan AS atas permintaan pemerintah Tiongkok. Penangguhan akun tersebut, membuat Zoom menuai banyak kritikan dari kalangan penggunanya.

Namun, Zoom dalam sebuah unggahan blog menyatakan, telah mengembalikan akun dan mengembangkan alat yang memungkinkan pemblokiran.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Zoom Raih Pendapatan Rp 4,6 Triliun

"Selama beberapa hari ke depan, Zoom mengembangkan teknologi yang memungkinkan kami untuk menghapus atau memblokir di tingkat peserta berdasarkan geografis," tulis pernyataan pihak Zoom.

Zoom menyatakan, mereka mendapat permintaan dari pemerintah Tiongkok pada Mei dan awal Juni untuk menghentikan empat pertemuan yang digelar dalam rangka memperingati tragedi Tiananmen.

Kesediaan Zoom untuk mematuhi permintaan pemerintah Tiongkok mendapat kritikan tajam dari aktivis pro-demokrasi. "Perusahaan dengan hati nurani tidak boleh menerima permintaan dari kediktatoran," kata Wang Dan, salah satu aktivis yang terpengaruh tindakan Zoom.

Wang Dan mengungkapkan bahwa sejak saat itu timnya beralih menggunakan Google. "Sebagai perusahaan Amerika, Zoom memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan nilai-nilai Amerika," tambah Wang Dan.

 



Sumber: The Verge, Antara