Logo BeritaSatu

Dua Fitur Baru Lengkapi Aplikasi Aku Pintar

Selasa, 16 Juni 2020 | 20:59 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Aku Pintar Indonesia melalui aplikasi Aku Pintar, menyediakan informasi sekolah dan penerimaan peserta didik baru (PPDB) zonasi tahun 2020 lewat fitur sekolah pintar, yang dapat diakses melalui akun siswa sekolah menengah pertama (SMP).

Baca Juga: Investor Masih Berminat Tanam Duit di Startup

Saat ini, fitur sekolah pintar dilengkapi dengan fitur zonasi dan bandingkan sekolah, sehingga keduanya melengkapi fitur yang sudah ada dalam fitur sekolah pintar sebelumnya yaitu cari sekolah.

"Fitur zonasi akan memudahkan siswa dan orang tua dalam mendapatkan informasi terkait SMA atau SMK negeri dan swasta se-Indonesia yang dituju sesuai sistem zonasi," ujar co-founder dan CEO Aku Pintar, Lutvianto Pebri Handoko, dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Dalam fitur zonasi, lanjut Pebri, saat ini pengaturan sekolah ditentukan berdasarkan kota. Untuk menggunakan fitur ini, user dapat menggunakan pilihan sekolah yang secara otomatis menampilkan SMP yang tertera dalam profil siswa atau bila orang tua dan siswa sedang berada di rumah, gunakan pilihan lokasi saat ini.

"Adapun daftar sekolah yang muncul, bisa diurutkan oleh pengguna mulai dari jarak terdekat sampai terjauh dari titik yang dipilih," jelasnya.

Baca Juga: Belanja Daring Jadi Pilihan di Era Pandemi

Menurut Pebri, pilihan sekolah juga dilengkapi dengan informasi status sekolah (swasta atau negeri), akreditasi, kurikulum, sarana dan prasarana, prestasi sekolah, nilai UN, jumlah pendidik dan tenaga kependidikan, serta jumlah peserta didik. "Fitur zonasi saat ini dapat diakses melalui aplikasi Aku Pintar dan diunduh melalui play store," tandasnya.

Sementara, fitur bandingkan sekolah memungkinkan siswa untuk melihat dua sekolah secara langsung dengan membandingkan poin-poin seperti jarak ke sekolah, status, akreditasi, kurikulum, rata-rata nilai UN SMA IPA dan IPS, serta jumlah siswa dan guru.

"Melalui informasi dan perbandingan secara langsung, siswa dan orang tua akan lebih mudah menemukan SMA negeri dan swasta sesuai pilihan dan kebutuhannya," kata Pebri.

Lebih lanjut, Pebri mengungkapkan, adanya dua fitur baru tersebut merupakan salah satu upaya Aku Pintar untuk meningkatkan layanan sebagai aplikasi pendidikan terlengkap yang mendukung ekosistem pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: Icando Jadi Solusi Pendidikan Anak Usia Dini

"Aplikasi Aku Pintar menyediakan beragam fitur secara gratis mulai dari rangkaian tes minat, bakat, dan penjurusan lengkap serta materi pembelajaran sampai informasi SMA hingga kampus untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempermudah mereka dalam menentukan jurusan dan karier yang tepat," tandas Pebri.

Pebri menambahkan, selain fitur zonasi dan bandingkan sekolah, siswa SMP dapat mengakses fitur lainnya seperti minat pintar, belajar pintar, tes pintar, AP Live, dan konseling pintar.

"Bagi user yang sudah pindah ke jenjang ke SMA atau SMK dapat memperbaharui laman profil di aplikasi Aku Pintar sesuai status pendidikan terbaru," pungkas Pebri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bima Arya Mengaku Menikmati Kerja Sama dengan Anies Baswedan

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku menikmati jalinan kerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam mengelola daerahnya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Survei: Mayoritas Warga Inggris Ingin Liz Truss Mengundurkan Diri

Mayoritas warga Inggris ingin Perdana Menteri Liz Truss mengundurkan diri. Hal itu terungkap dari jajak pendapat baru yang diterbitkan YouGov.

NEWS | 2 Oktober 2022

PDAM Bekasi Tumbangkan Lavani di Final Livoli Divisi Satu

PDAM Bekasi menumbangkan Lavani Bogor di final kompetisi bola voli Livoli Divisi Satu di GOR Debes Kabupaten Bogor, Minggu (2/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, DPR: Kompetisi Sepak Bola Jangan Hanya Pentingkan Bisnis

Politikus PDIP Said Abdullah menyatakan tragedi Kanjuruhan, Malang menjadi pelajaran agar kompetisi sepak bola jangan hanya pentingkan aspek bisnis.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ini Penyebab Kepuasan Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam Sepekan

Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi naik 5 persen dalam sepekan. Ini alasannya. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Ditolak Denmark, Prancis Akan Kirim Howitzer ke Ukraina

Prancis akan mengirim howitzer yang ditolak Denmark ke Ukraina. Kyiv mungkin mendapatkan hingga 12 howitzer Caesar dari Paris.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ridwan Kamil Masih Rahasiakan Parpol yang Jadi Pelabuhannya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil masih merahasiakan soal parpol mana yang menjadi pelabuhan politiknya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kemendagri Dorong Kebijakan Afirmatif pada Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender

Program pengarusutamaan gender menjadi bagian dari strategi pemerintah untuk mempercepat pembangunan di pusat maupun daerah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies Bakal Diumumkan Surya Paloh sebagai Capres Nasdem?

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengumumkan capers yang diusung Nasdem di Pilpres 2024 besok. Beredar kabar capres itu adalah Anies Baswedan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Baswedan bergema ketika para peserta Supermentor-27 merespons pernyataan Dino Patti Djalal soal sosok yang bakal memimpin Indonesia.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Survei: Mayoritas Warga Inggris Ingin Liz Truss Mengundurkan Diri

Survei: Mayoritas Warga Inggris Ingin Liz Truss Mengundurkan Diri

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings