Dua Fitur Baru Lengkapi Aplikasi Aku Pintar

Dua Fitur Baru Lengkapi Aplikasi Aku Pintar
CEO Aku Pintar, Lutvianto Pebri Handoko, memperlihatkan fitur Zonasi yang terdapat di aplikasi Aku Pintar. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Feriawan Hidayat / FER Selasa, 16 Juni 2020 | 20:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Aku Pintar Indonesia melalui aplikasi Aku Pintar, menyediakan informasi sekolah dan penerimaan peserta didik baru (PPDB) zonasi tahun 2020 lewat fitur sekolah pintar, yang dapat diakses melalui akun siswa sekolah menengah pertama (SMP).

Baca Juga: Investor Masih Berminat Tanam Duit di Startup

Saat ini, fitur sekolah pintar dilengkapi dengan fitur zonasi dan bandingkan sekolah, sehingga keduanya melengkapi fitur yang sudah ada dalam fitur sekolah pintar sebelumnya yaitu cari sekolah.

"Fitur zonasi akan memudahkan siswa dan orang tua dalam mendapatkan informasi terkait SMA atau SMK negeri dan swasta se-Indonesia yang dituju sesuai sistem zonasi," ujar co-founder dan CEO Aku Pintar, Lutvianto Pebri Handoko, dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Selasa (16/6/2020).

Dalam fitur zonasi, lanjut Pebri, saat ini pengaturan sekolah ditentukan berdasarkan kota. Untuk menggunakan fitur ini, user  dapat menggunakan pilihan sekolah yang secara otomatis menampilkan SMP yang tertera dalam profil siswa atau bila orang tua dan siswa sedang berada di rumah, gunakan pilihan lokasi saat ini.

"Adapun daftar sekolah yang muncul, bisa diurutkan oleh pengguna mulai dari jarak terdekat sampai terjauh dari titik yang dipilih," jelasnya.

Baca Juga: Belanja Daring Jadi Pilihan di Era Pandemi

Menurut Pebri, pilihan sekolah juga dilengkapi dengan informasi status sekolah (swasta atau negeri), akreditasi, kurikulum, sarana dan prasarana, prestasi sekolah, nilai UN, jumlah pendidik dan tenaga kependidikan, serta jumlah peserta didik. "Fitur zonasi saat ini dapat diakses melalui aplikasi Aku Pintar dan diunduh melalui play store," tandasnya.

Sementara, fitur bandingkan sekolah memungkinkan siswa untuk melihat dua sekolah secara langsung dengan membandingkan poin-poin seperti jarak ke sekolah, status, akreditasi, kurikulum, rata-rata nilai UN SMA IPA dan IPS, serta jumlah siswa dan guru.

"Melalui informasi dan perbandingan secara langsung, siswa dan orang tua akan lebih mudah menemukan SMA negeri dan swasta sesuai pilihan dan kebutuhannya," kata Pebri.

Lebih lanjut, Pebri mengungkapkan, adanya dua fitur baru tersebut merupakan salah satu upaya Aku Pintar untuk meningkatkan layanan sebagai aplikasi pendidikan terlengkap yang mendukung ekosistem pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: Icando Jadi Solusi Pendidikan Anak Usia Dini

"Aplikasi Aku Pintar menyediakan beragam fitur secara gratis mulai dari rangkaian tes minat, bakat, dan penjurusan lengkap serta materi pembelajaran sampai informasi SMA hingga kampus untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempermudah mereka dalam menentukan jurusan dan karier yang tepat," tandas Pebri.

Pebri menambahkan, selain fitur zonasi dan bandingkan sekolah, siswa SMP dapat mengakses fitur lainnya seperti minat pintar, belajar pintar, tes pintar, AP Live, dan konseling pintar.

"Bagi user yang sudah pindah ke jenjang ke SMA atau SMK dapat memperbaharui laman profil di aplikasi Aku Pintar sesuai status pendidikan terbaru," pungkas Pebri.



Sumber: BeritaSatu.com