Logo BeritaSatu
Riset NTT Limited

Riset: Lonjakan Konsumsi Bandwidth Timbulkan Risiko Keamanan Siber

Rabu, 17 Juni 2020 | 09:49 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) mendorong para profesional melakukan pekerjaannya dari luar kantor. Selain itu, terjadi peningkatan gelombang migrasi pemindahan aplikasi ke lingkungan multi-cloud sehingga investasi pada cloud jauh melampaui pengeluaran perusahaan dalam meningkatkan infrastruktur jaringan. Hal ini berisiko bagi keamanan siber di organisasi perusahaan.

Demikian hasil riset berjudul “Global Network Insights Report Tahun 2020 “ yang dirilis perusahaan layanan teknologi global NTT Limited, pada medio Juni 2020. Riset yang dilakukan pada 1.000 responden dan mencakup 800.000 perangkat jaringan, menyimpulkan bahwa 46,3 persen dari usia aset jaringan di perusahaan telah menua dan memerlukan pergantian. “Ketika kalangan bisnis memindahkan aplikasi-aplikasi ke lingkungan multi-cloud, maka investasi di cloud akan melampaui biaya infrastruktur di suatu organisasi bisnis,” kata pernyataan tertulis yang diterima pada Rabu (17/6/2020).

Riset NTT Limited juga berhasil menemukan bahwa situasi Covid-19 menyebabkan skema pembaruan dan peningkatan kapasitas sistem jaringan lambat karena semakin banyak organisasi perusahaan memilih menggunakan jaringan yang tersedia dan menunda investasi dalam merancang ulang sistem beserta infrastruktur jaringan agar lebih aman.

“Penundaan ini menambah jumlah perangkat jaringan yang tidak diperbaharui. Hal ini mengakibatkan perangkat lunak sistem jaringan keamanan rawan terjadi gangguan dan mengancam keamanan pada sistem informasi,” demikian disebutkan dalam laporan itu.

Lebih lanjut disebutkan bahwa wabah Covid-19 telah mengakibatkan lonjakan penggunaan bandwidth yang berdampak ketegangan pada jaringan. Apalagi meningkatnya kerja jarak jauh, konsumsi layanan suara, dan video, membuat jaringan milik organisasi perusahaan beserta infrastruktur keamanannya di bawah tekanan luar biasa.

Menurut Executive Vice President Intelligent Infrastructure NTT Ltd, Rob Lopez memasuki tatanan normal baru (new normal) akan banyak pengelola perusahaan melakukan peninjauan kembali strategi peningkatan sistem dan keamanan arsitektur jaringan, operasional, dan dukungan model sehingga dapat mengelola risiko operasional.

“Kami berharap ada perubahan strategi dalam menciptakan prioritas pada kelangsungan bisnis dan persiapan di masa depan saat lockdown mereda. Infrastruktur jaringan harus dirancang secara tepat dan dikelola baik untuk menghadapi berbagai lonjakan baik dari cloud dan infrastruktur fisik di perusahaan," kata Lopez.

Pandemi Covid-19 kata dia, menciptakan perubahan permanen pada tata cara bisnis beroperasi, termasuk penerapan ruang kerja cerdas yang secara fisik dapat mengakomodasikan social distancing di dalam kantor. "Sementara banyak perusahaan akan terus menerapkan kerja jarak jauh,” ujarnya.

Dengan adopsi infrastruktur nirkabel baru yang terus meningkat – dimana terjadi peningkatan 13 persen- serta munculnya kantor terbuka dan ruang kerja bersama, maka pendekatan baru untuk pengembangan arsitektur jaringan akan diperlukan.

Lebih lanjut Lopez mengungkapkan, evolusi jaringan harus berjalan beriringan dengan transformasi digital. Sebagai bagian dari strategi transformasi digital, perusahaan terkemuka sudah menggunakan jaringan untuk memungkinkan terlaksananya model bisnis baru seperti Internet of Things atau mengoptimalkan model operasional yang ada seperti pelacakan aset.

Alternatif lainnya, bisnis dapat berinvestasi dalam teknologi seperti halnya robotic process automation (RPA), sebagai bagian dari inisiatif transformasi digital untuk menghemat biaya dan meningkatkan layanan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, PSSI Hentikan Liga 1 Selama Sepekan

Buntut tragedi Kanjuruhan, PSSI memutuskan untuk menghentikan BRI Liga 1 2022/2023 selama satu pekan dan melarang Arema FC menjadi tuan rumah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan Dikabarkan Bertambah Jadi 62 Orang

Korban tewas dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dikabarkan bertambah menjadi 62 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Arema FC Akan Dilarang Jadi Tuan Rumah di Sisa Musim Liga 1

Komisi Disiplin PSSI menegaskan bahwa Arema FC bisa terkena sanksi tidak dapat menjadi tuan rumah di sisa laga BRI Liga 1 2022/2023.

NEWS | 2 Oktober 2022

Video: Gas Air Mata Bikin Massa di Kanjuruhan Panik

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata di Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ini Video Ribuan Suporter Merangsek Masuk Lapangan

Beredar video yang menunjukkan suporter merangsek masuk lapangan usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan: Aturan FIFA, Gas Air Mata Terlarang

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, PSSI: Arema Bisa Kena Sanksi Keras

Kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan setelah laga BRI Liga 1 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, Sabtu, 1 Oktober 2022.

NEWS | 2 Oktober 2022

Persebaya Berduka atas Korban Tewas dalam Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Persebaya Surabaya menyampaikan duka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan usai laga melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi di Kanjuruhan, PSSI Segera Investigasi

PSSI segera melakukan investigasi terkait kerusuhan yang berujung tragedi di dalam Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Gas Air Mata Dituding Penyebab Jatuhnya Korban di Kanjuruhan

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dipandang karena tembakan gas air mata di dalam Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kepemilikan Satwa Liar, KLHK Minta Masyarakat Miliki Izin

Kepemilikan Satwa Liar, KLHK Minta Masyarakat Miliki Izin

NEWS | 25 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings