Samsung Kuasai Posisi Teratas Pasar Ponsel Asia Tenggara

Samsung Kuasai Posisi Teratas Pasar Ponsel Asia Tenggara
Samsung Galaxy A21s. (Foto: dok)
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 18 Juni 2020 | 10:12 WIB

Seoul, Beritasatu.com - Samsung Electronics Co merebut kembali posisi teratas di pasar ponsel pintar (smartphone) Asia Tenggara pada kuartal pertama 2020.

Baca Juga: Samsung Luncurkan Galaxy S20 Plus Edisi Khusus BTS

Berdasarkan laporan Counterpoint Research, pangsa pasar Samsung di Asia Tenggara mencapai 18,9 persen pada periode Januari-Maret 2020.

Raihan tersebut, mengalahkan capaian yang dihasilkan produsen smartphone asal Tiongkok, Oppo, dengan selisih 0,2 persen di peringkat kedua. Pada kuartal keempat tahun lalu, Oppo sempat mengungguli posisi Samsung sebagai penguasa pasar ponsel di Asia Tenggara.

Melansir laman Yonhap, Kamis (18/6/2020), produsen smartphone asal Tiongkok, juga secara berurutan menempati posisi ketiga hingga kelima dalam daftar penguasa pasar ponsel di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga: Ponsel Black Market Ternyata Masih Marak Beredar

Xiaomi disebutkan berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 14,8 persen, diikuti oleh Vivo dengan raihan 13,6 persen dan Realme dengan pangsa pasar 7,3 persen.

Counterpoint Research mengatakan, keberhasilan Samsung menempati posisi teratas di kawasan Asia Tenggara, didorong oleh kenaikan angka penjualan smartphone untuk segmen premium.

Menurut laporan Counterpoint Research, ponsel dengan kisaran harga US$ 100 atau sekitar Rp 1,4 juta (kurs Rp 14.000 per dolar AS) menyumbang kontribusi sebesar 27 persen dari pasar Asia Tenggara pada kuartal pertama, turun dari angka 46 persen tahun lalu.

Baca Juga: YLKI Minta Pemerintah Sweeping Peredaran Ponsel BM

Sebaliknya, porsi smartphone dengan rentang harga antara US$ 600 hingga US$ 900 mengalami kenaikan dari angka 4 persen di tahun lalu, menjadi 10 persen selama periode yang dikutip (Januari-Maret 2020).

 



Sumber: BeritaSatu.com