Platform Pembayaran Xendit Kenalkan Fitur QRIS

Platform Pembayaran Xendit Kenalkan Fitur QRIS
Xendit, salah satu perusahaan teknologi keuangan di Indonesia, menawarkan fitur QRIS sebagai salah satu saluran pembayaran untuk konsumen di Indonesia. (Foto: Beritasatu.com / Dok. Xendit)
Feriawan Hidayat / FER Kamis, 18 Juni 2020 | 16:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Xendit, penyelenggara gerbang pembayaran atau payment gateway, ikut mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia dengan memperkenalkan fitur QRIS atau Quick Response Indonesian Standard.

Baca Juga: Transaksi Nontunai dengan QRIS Naik

QRIS merupakan standar QR Code untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet digital, atau mobile banking.

COO Xendit, Tessa Wijaya mengatakan, QRIS mengubah cara bermain bagi pedagang offline. Dengan satu integrasi, pedagang mendapatkan akses ke jangkauan pasar yang sangat luas dari e-wallet dan aplikasi perbankan teratas.

"Pengguna akhir dapat menikmati pengalaman pembayaran tanpa batas dengan hanya memindai kode QR dan tidak ada lagi penanganan uang tunai. Selain itu, produk QRIS Xendit memberi pedagang keandalan dan layanan yang dibutuhkan untuk menerima pembayaran tanpa khawatir," kata Tessa Wijaya dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Kamis (18/6/2020.

Baca Juga: Xendit Dorong Ekonomi Digital Indonesia

Tessa menjelaskan, sejalan dengan inisiatif Bank Indonesia (BI), Xendit kini menyediakan kode QR sebagai saluran pembayaran tambahan untuk memungkinkan pelanggan membayar dengan mulus dari e-wallet seperti OVO, Gopay, Dana, LinkAja, ShopeePay, dan aplikasi mobile banking teratas seperti BCA dan CIMB.

"Solusi QRIS Xendit dirancang untuk memberikan fleksibilitas kepada pedagang berdasarkan bisnis mereka. Itu sebabnya, Xendit memberi pedagang kemampuan untuk membuat kode pembayaran QR dinamis dan statis," tandas Tessa Wijaya.

Menurut Tessa, ada beberapa manfaat menggunakan kode QR Xendit. Pertama, pedagang offline sekarang dapat menerima lebih dari sekadar uang tunai. QRIS membuka saluran e-wallet dan saluran mobile banking ke pedagang.

Baca Juga: Alami Dukung Pelaku UMKM

Kedua, meningkatkan pembayaran online. Untuk pelanggan yang menggunakan perangkat desktop, perjalanan pembayaran dapat disederhanakan untuk memindai kode QR sebagai lawan dari input detail manual.

Ketiga, satu integrasi untuk beberapa saluran pembayaran dan proses persetujuan di masa mendatang. Terakhir, Xendit menawarkan biaya kompetitif dengan layanan yang lebih baik.



Sumber: BeritaSatu.com