Telkomsel Perluas Cakupan Layanan VoLTE

Telkomsel Perluas Cakupan Layanan VoLTE
Vice President Prepaid Consumer Telkomsel Adhi Putranto dalam Media update VoLTE Telkomel melalui CloudX, Jumat (19/6/2020). (Foto: Beritasatu.com / Herman)
Herman / FER Jumat, 19 Juni 2020 | 16:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Telkomsel telah mempeluas layanan VoLTE ke lebih banyak wilayah. Setelah sebelumnya mengoperasikan layanan VoLTE di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek) dan Surabaya sejak awal Mei 2020 lalu, layanan tersebut saat ini juga sudah tersedia di wilayah Bogor dan Sidoarjo.

Baca Juga: Telkomsel Perluas Jaringan 4G di Flores Timur

Vice President Prepaid Consumer Telkomsel Adhi Putranto mengungkapkan, untuk ponsel penyedia layanan VoLTE, Telkomsel juga sudah berkolaborasi dengan Xiaomi sebagai mitra produsen perangkat yang menyediakan sistem operasi yang akan mendukung layanan VoLTE dari Telkomsel. Kehadiran Xiaomi menyusul mitra produsen lainnya seperti Samsung, Huawei, dan Vivo yang sudah terlebih dahulu berpartisipasi.

“Kita sudah rilis layanan VoLTE di awal Mei lalu. Pada awalnya hanya seputaran Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok, dan Surabaya, saat ini kita sudah menambah coverage ke kota Bogor dan Sidoarjo,” kata Adhi Putranto dalam media update VoLTE Telkomel melalui CloudX, Jumat (19/6/2020).

Baca Juga: Ponsel BM Marak Dijual Online, Ini Respon Kemdag

Adhi menjelaskan, VoLTE merupakan layanan telepon berbasis jaringan 4G, tetapi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sekedar 4G. Antara lain bisa tetap berinternet dengan lancar sambil melakukan panggilan atau menerima telepon. Jaringan internet 4G juga tidak akan turun ke 3G ketika melakukan atau menerima panggilan telepon menggunalan VoLTE.

“Kualitas suara telepon lebih jernih. Set-up call akan jauh lebih cepat, jadi nada sambungnya akan terasa lebih cepat. Kemudian untuk video call juga secara teknologi memungkinkan,” kata Adhi.

Baca Juga: Telkomsel Perluas Segmen Mobile Gaming

Sementara itu diungkapkan Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, Telkomsel akan terus memperluas ketersediaan VoLTE, baik itu ketersediaan layanan bagi lebih banyak pelanggan, hingga cakupan wilayah maupun jenis dan jumlah perangkat yang mendukung, sehingga layanan tersebut nantinya dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan Telkomsel di berbagai daerah di Indonesia.

“Pada tahap soft launch ini kami akan terus memonitor kualitas layanan VoLTE Telkomsel, serta memantau pengalaman pelanggan sebagai masukan untuk pengembangan layanan VoLTE Telkomsel ke depannya. Hal ini merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk terus mengutamakan prinsip customer-centricity dalam pengembangan produk dan layanan kami,” ujar Setyanto.



Sumber: BeritaSatu.com