Facebook Akuisisi Perusahaan Teknologi Pemetaan

Facebook Akuisisi Perusahaan Teknologi Pemetaan
Ilustrasi Facebook (Foto: RTE / Dokumentasi)
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 20 Juni 2020 | 17:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Facebook Inc resmi mengakuisisi perusahaan pembuat teknologi pemetaan asal Swedia, Mapillary, yang mengumpulkan gambar dari puluhan ribu kontributor untuk membangun sistem pemetaan yang mendalam dan terkini.

Baca Juga: Sompo Investasi di Perusahaan Analisis Data

Facebook mengakuisisi Mapillary, seperti dilansir dari Gadgets Now, Sabtu (20/6/2020), tanpa menyebutkan nilai dari kesepakatan bisnis tersebut.

Chief Executive Officer (CEO) Mapillary, Jan Erik Solem, mengatakan, teknologi perusahaannya akan digunakan untuk menggerakkan produk seperti Facebook Marketplace dan memasok data ke organisasi kemanusiaan.

Perusahaan rintisan atau startup yang berbasis di Malmo tersebut, diketahui mengembangkan teknologi yang mampu memecahkan salah satu masalah paling mahal dalam sistem pemetaan.

Baca Juga: Platform Pembayaran Xendit Kenalkan Fitur QRIS

Pasalnya, Mapillary sukses mengembangkan sistem pemetaan yang dapat terus diperbarui dengan informasi lengkap tentang rambu, alamat, dan informasi lain yang dapat diamati langsung oleh penggunanya di jalan.

Mapillary memiliki kemampuan untuk memilah sumber gambar, serta menganalisa gambar yang disumbangkan dari ponsel pintar dan jenis kamera lainnya, dan menggunakan teknologi 'visi komputer' untuk menyatukannya menjadi peta tiga dimensi.

Banyak kalangan yang menganggap bahwa teknologi Mapillary sebagai kunci informasi untuk pengembangan teknologi kendaraan swa-kemudi atau self-driving.

Baca Juga: Telkomsel Perluas Cakupan Layanan VoLTE

Namun, juru bicara Facebook mengatakan, teknologi pemetaan ini juga akan mendukung produk-produk Facebook yang sedang dikembangkan seperti kacamata augmented reality dan headset realitas virtual.

 



Sumber: BeritaSatu.com