Pabrikan Smartphone Mulai Kuasai Pasar TV Pintar

Pabrikan Smartphone Mulai Kuasai Pasar TV Pintar
Televisi pintar TCL. (Foto: ist)
Feriawan Hidayat / FER Minggu, 21 Juni 2020 | 11:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Beberapa dekade yang lalu, perangkat ponsel hanya digunakan untuk beberapa fitur dasar seperti membuat panggilan atau mengirim pesan teks. Namun, dengan munculnya perangkat ponsel pintar atau smartphone, semua itu telah berubah. Pasalnya, perangkat smartphone dirancang untuk melakukan segala macam fungsi.

Baca Juga: Samsung Smart TV 2019 Gratiskan Channel Premium

Fakta lainnya, pasar tablet dianggap oleh produsen tidak lagi menguntungkan. Sebabnya, mereka mampu mengembangkan smartphone dengan tampilan layar di atas 6 inci. Kondisi tersebut bisa diartikan, produsen smartphone lebih suka bergabung dengan pasar televisi (TV) pintar daripada pasar tablet.

Setelah booming smartphone, produsen ponsel pintar di seluruh dunia kini mulai mengalihkan fokus pada pasar TV pintar. Buktinya, sejumlah produsen ponsel pintar asal Tiongkok telah menempati posisi yang nyaman di sejumlah negara berkembang selama beberapa tahun terakhir.

Melansir laporan Gizchina, Sabtu (21/6/2020), kondisi ini dipicu oleh semakin mudah dan meratanya akses internet. Saat banyak orang dapat mengakses internet dengan harga lebih murah dari sebelumnya, tentunya sangat masuk akal bagi kalangan produsen untuk memboyong perangkat internet of things (IoT) ke pasaran.

Adapun salah satu cara terbaik melakukan hal itu, melalui perangkat televisi pintar. Alasannya, TV pintar dapat menghubungkan seluruh keluarga dengan kebangkitan platform over the top (OTT). Berbeda dengan pembelian smartphone yang biasanya dilakukan sesuai selera individual, pembelian televisi pintar melibatkan keputusan keluarga. Untuk tujuan ini, kesadaran merek atau brand menjadi sangat penting.

Baca Juga: Solusi IoT Akari Ubah TV Lawas Jadi Smart TV

Hebatnya, sejumlah merek smartphone ternama telah mendapatkan reputasi tersendiri di kalangan anak muda. Kondisi ini, secara langsung telah membantu mereka untuk memasuki segmen pasar TV pintar.

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone asal Tiongkok paling awal yang merambah pasar TV pintar. Langkah ini ternyata sangat populer, terutama di pasar India. Xiaomi disebutkan menjadi merek TV pintar terbesar di negara itu dalam waktu singkat. Secara global, pangsa pasar mencapai 7 persen di negara tersebut.

Terinspirasi dengan kesuksesan Xiaomi, sejak paruh kedua tahun lalu, banyak produsen ponsel yang ikut merambah dan mengembangkan segmen TV pintar.

OnePlus tercatat telah mulai menjual TV pintar di India dan berencana untuk meluncurkan model baru yang lebih terjangkau di bulan Juli mendatang. Selain itu, Realme juga merilis perangkat TV pintar di India bulan lalu.

Baca Juga: TV OLED LG Diganjar CES Innovation Awards 2

Selain itu, kalangan produsen smartphone juga menyediakan lebih banyak fitur dengan kisaran harga terjangkau, sebagai strategi untuk terus meningkatkan pangsa pasar TV pintar mereka.

Kondisi ini sebenarnya langkah yang baik bagi banyak produsen ponsel pintar. Sebabnya, strategi ini tidak hanya memberi mereka kesempatan untuk menghasilkan pemasukan, juga sekaligus memberikan jalan untuk memasuki lebih banyak pasar.



Sumber: BeritaSatu.com