Aplikasi Digital Dukung Pengelolaan Karyawan di Era Normal Baru

Aplikasi Digital Dukung Pengelolaan Karyawan di Era Normal Baru
Ilustrasi Aplikasi GreatDay HR. (Foto: Beritasatu Photo / Dok. GreatDay HR)
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 24 Juni 2020 | 22:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk melanjutkan rutinitas yang sempat terhenti akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai persiapan menuju era kenormalan baru atau new normal.

Baca Juga: Ini 4 Tip Pilih Aplikasi HR Aman dan Terjamin

Hampir semua perkantoran, termasuk instansi pemerintah sudah mulai menyambut karyawannya untuk kembali bekerja di kantor dengan syarat, tetap menerapkan anjuran pemerintah sesuai protokol kesehatan new normal.

Walaupun masa relaksasi sudah diberlakukan, namun nyatanya angka kasus positif Covid-19 masih cukup tinggi. Jika tidak berhati-hati tentunya ancaman Covid-19 bisa membahayakan para karyawan yang mulai kembali ke kantor. Terutama mereka yang harus menggunakan transportasi umum.

Human Resource atau HR sangat berperan penting dalam penerapan aturan yang bisa meminimalisir resiko karyawan untuk tertular. Demi memastikan kelancaran dan keamanan kegiatan di kantor, HR harus menegaskan protokol apa saja yang bisa memastikan bahwa antar karyawan tetap aman dan menerapkan pembatasan fisik dan sosial yang ketat dan disiplin.

Baca Juga: Aplikasi Ini Dorong Employee Engagement

Founder dan CEO GreatDay HR, Gordon Enns, mengatakan, pihaknya mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh SDM di Indonesia.

"GreatDay HR sebagai pionir dari mobile HR application melihat kesadaran akan pentingnya pengelolaan sumber daya manusia," ujar Gordon Enns dalam keterangannya, Rabu (24/6/2020).

Enns mengatakan, seiring dengan perkembangan teknologi digital saat ini, merupakan hal yang penting bagi perusahaan untuk terus berinovasi dan bertransformasi secara digital, termasuk dalam hal pengelolaan sumber daya manusia.

"GreatDay HR merupakan salah satu penyedia HRIS yang sudah 20 tahun lebih menangani berbagai macam tantangan di dunia HRD. Untuk mendukung dan memudahkan adaptasi perusahaan ke new normal, GreatDay HR memiliki solusi yang cocok untuk berbagai macam bentuk industri dan HRD,” tandasnya.

Kemudahan Absensi Online

Salah satu upaya penerapan pembatasan fisik adalah, dengan mulai beralih ke proses rekam kehadiran secara online dan tanpa sentuh (touchless). Dengan fitur absensi online dari GreatDay HR, para karyawan bisa dengan mudah merekam kehadiran cukup dengan selfie dan mengkonfirmasi lokasi perekaman.

"Fitur ini juga dilengkapi dengan teknologi face recognition, dan geo-tagging untuk memastikan tidak ada pemalsuan data," tandas Enns.

Kelola Karyawan dari Mobile App

Untuk memastikan karyawan tetap produktif saat bekerja dari rumah maupun di kantor, petugas HR atau manajemen perusahaan bisa melihat produktivitas karyawan melalui aplikasi GreatDay HR. Caranya mudah, karyawan cukup melampirkan foto berupa bukti tugas yang sedang dikerjakan dalam periode yang ditentukan. Fitur rekam aktivitas ini juga dilengkapi oleh geo-tagging yang terjamin aman.

Form Kesehatan oleh GreatDay HR

Bagi para pengguna GreatDay HR, saat pengguna hendak melakukan proses absensi maka GreatDay HR sudah menyiapkan formulir kesehatan yang wajib diisi setiap harinya. Formulir kesehatan atau health declaration ini berfungsi untuk memastikan apakah pengguna tidak sedang memiliki gejala sakit, atau bepergian ke tempat yang rentan akan virus Covid-19. Hasil pengisian formulir akan dikirim otomatis ke manajemen perusahaan ataupun bagian HRD.

Urus Penggajian Dimana Saja

Walaupun pemerintah sudah memperbolehkan untuk kembali ke rutinitas bekerja di kantor, namun tidak ada salahnya untuk mengadaptasi teknologi penggajian otomatis yang bisa dikerjakan dari mana saja. GreatDay HR bisa membantu perusahaan untuk memproses penggajian secara otomatis dan dilengkapi oleh semua komponen pajak yang dibutuhkan, termasuk PPh21.

Semua data kehadiran, cuti, klaim, dan reimbursement akan langsung terintegrasi dengan sistem penggajian GreatDay HR. Karyawan juga bisa melihat slip gaji langsung lewat aplikasi mobile GreatDay HR. Dengan teknologi cloud computing dan SaaS, semua data karyawan dan perusahaan akan otomatis tersimpan secara aman dan lengkap.



Sumber: BeritaSatu.com