Review Ponsel

Galaxy A21s, Ponsel Bujet yang Layak Jadi Pilihan

Galaxy A21s, Ponsel Bujet yang Layak Jadi Pilihan
Samsung Galaxy A21s. (Foto: dok)
Yudo Dahono / YUD Sabtu, 4 Juli 2020 | 10:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Samsung akhir-akhir ini mengeluarkan deretan ponsel baru Galaxy mereka. Salah satunya adalah Galaxy A21s yang menjadi ponsel bujet dari Samsung. Galaxy A21s dirilis dalam dua varian yaitu dengan RAM 3GB memory internal 32GB serta RAM 6GB memory internal 64GB.

Beritasatu.com mendapatkan kesempatan menjajal Galaxy A21s dengan varian RAM 3GB serta memory internal 32GB selama dua pekan terakhir guna menguji coba kemampuan ponsel ini. Berikut hasil uji coba yang telah kami lakukan.

Galaxy A21s menjadi strategi dari Samsung menyasar pengguna entry level di Indonesia. Meski tergolong dalam ponsel bujet, A21s tetap menawarkan aneka keunggulan dibanding ponsel merek lainnya. Apabila Anda berniat melakukan upgrade tanpa merogoh kocek lebih dalam, Galaxy A21s bisa menjadi pilihan.

Layaknya ponsel masa kini, Galaxy A21s memiliki dimensi yang cukup bongsor dengan ukuran 6,5 inci dengan resolusi layar 720 x 1600 (HD+). Untuk prosesor, Samsung membenamkan Exynos 850 yang cukup mumpuni untuk kinerja harian.

Samsung Galaxy A21s

Spesifikasi

Samsung Galaxy A21s

Spesifikasi

Samsung juga membenamkan total lima kamera dalam Galaxy A21s – hal yang cukup fantastis mengingat harga yang dibanderol untuk versi 3GB ini senilai Rp 2,799 juta. Sejumlah empat kamera terpasang di bagian belakang serta satu di depan – Anda mendapatkan kamera wide angle, macro, depth sensing serta kamera beresolusi 48 MP dan satu kamera 13 MP front facing. Galaxy A21s ini juga memiliki sistem operasi terbaru Android 10 langsung dari kotak pembeliannya.

Dari segi desain, Galaxy A21s ini tetap menarik seperti halnya sang kakak Galaxy A31 yang juga baru dirilis. Bahkan kedua ponsel ini bisa dikatakan mirip satu sama lainnya, di mana perbedaannya tak begitu terlihat jika dilihat sepintas. Galaxy A21s memiliki layar Infinity-O dengan bezel tipis serta kamera depan terdapat di bagian kiri atas.

Samsung Galaxy A21s

Hasil benchmark

Pada bagian belakang, ponsel ini sedikit melengkung di mana terdapat empat kamera serta flash LED dikelompokkan di dalam satu kotak di bagian pojok kiri atas. Sensor sidik jari juga terdapat di bagian tengah belakang di mana sensor ini bisa digunakan untuk membuka kunci ponsel serta otorisasi pembayaran contactless. Galaxy A21s juga bisa di-unlock menggunakan kamera selfie dengan teknologi pengenalan wajah.

Ponsel yang kami uji memiliki warna putih – salah satu dari pilihan tiga warna hitam, putih serta biru yang diberikan Samsung untuk Galaxy A21s. Warna-warna tersebut memiliki efek seperti pelangi yang harus diakui terlihat lebih baik ketimbang ponsel lain di kisaran harga Galaxy A21s.

Ponsel ini menggunakan port USB-C untuk pengecasan serta transfer data. Port USB-C ini terdapat di bagian tengah bawah dan diapit jack audio 3,5 mm serta lubang speaker. Tombol volume dan power diletakkan di bagian kanan atas sementara tray untuk slot nano SIM ganda serta microSD berada di bagian kiri. Galaxy A21s menggunakan dua slot SIM serta microSD terpisah sehingga Anda bisa menggunakannya secara bersamaan. Dengan menggunakan microSD, kapasitas memory external ponsel ini bisa diperluas hingga 512GB.

Ponsel ini menggunakan layar bertipe PLS (Plane to Line Switching) yang setara dengan IPS (in-plane switching). Penggunaan layar PLS ini memiliki sudut pandang yang lebih lebar, peningkatan tingkat kecerahan (brightness) hingga 10 persen bahkan kualitas gambar. Pada penggunaan luar ruangan Galaxy A21s ini tetap terlihat cerah berkat maksimum luminansi sebesar 553cd/m2 pada penyetelan adaptive brightness.

Ditenagai prosesor Samsung Exynos 850 dengan kecepatan maksimum 2GHz serta RAM 3GB, Galaxy A21s cukup bertenaga untuk kebutuhan sehari-hari. Terkadang setelah melakukan restart atau meng-unlocked, ponsel ini butuh waktu lebih, tetapi hal tersebut bisa diabaikan.

Sementara itu penggunaan layar beresolusi 720 x 1600 (HD+) sedikit membantu performa ponsel ini. Resolusi yang lebih rendah membuat game casual seperti Clash of Clans, Clash Royale, Candy Crush dan lainnya berjalan dengan lancar. Bahkan game yang cukup berat seperti PUBG, Call of Duty atau Mobile Legends bisa dijalankan dengan mulus.

Salah satu kelebihan lain dari Galaxy A21s adalah fitur Dolby Atmos yang dimilikinya. Fitur ini membuat Anda bisa mendengarkan musik, menonton film serta memainkan game dengan efek suara sekelas bioskop. Tetapi untuk mengaktifkan fitur ini Anda harus menggunakan earphone terlebih dahulu. Sertifikasi Dolby Atmos ini membuat pengalaman bermusik, menonton film atau memainkan game bakal berbeda saat menggunakan ponsel ini.

Sementara itu keberadaan baterai yang cukup besar, 5000mAh membuat ponsel ini bisa dijalankan cukup lama untuk bermain game yang menguras sumber daya. Sementara untuk penggunaan sehari-hari, Galaxy A21s bisa bertahan seharian penuh tanpa perlu pengecasan ulang.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya Galaxy A21s dilengkapi empat kamera di bagian belakang 48MP (f/2.0), kamera wide angle 8MP (f/2.2), kamera makro 2MP (f/2.4) serta kamera depth sensor 2MP (f/2.4). Pada bagian depan terdapat kamera selfie 13MP (f/2.2).

Kamera Galaxy A21s mampu menghasilkan foto-foto yang cukup tajam dengan detail yang kaya. Pada penyetelan standar, Galaxy A21s menghasilkan foto 12MP, sementara opsi 48MP bisa dipilih pada mode Pro, kendati begitu hasil foto dari keduanya bisa dikatakan cukup baik.

Samsung Galaxy A21s

Hasil foto Samsung Galaxy A21s


Anda dapat merekam video kualitas Full HD atau 720p menggunakan kamera depan atau belakang. Meski begitu tak terdapat pilihan untuk menaikkan frame rate hingga 60 fps. Ketiadaan fitur stabilisasi membuat rekaman video dari Galaxy A21s bakal terlihat bergoyang.

Samsung Galaxy A21s merupakan salah satu ponsel bujet yang bisa menjadi pilihan bagi Anda. Dilengkapi baterai yang cukup besar, prosesor yang cukup bertenaga serta desain yang menarik, ponsel ini bisa menjadi pilihan untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari.



Sumber: BeritaSatu.com