Virtual Office Jadi Solusi bagi Perusahaan Saat Pandemi

Virtual Office Jadi Solusi bagi Perusahaan Saat Pandemi
Ilustrasi virtual office. (Foto: Office99)
Jayanty Nada Shofa / JNS Minggu, 12 Juli 2020 | 08:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Saat ini, banyak perusahaan yang mengharuskan karyawannya untuk bekerja dari rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Diterapkannya work from home (WFH) membuat perusahaan khawatir bagaimana caranya mengatur dan berkoordinasi dengan karyawan yang biasanya bekerja langsung dari kantor. Terdapat pula biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tagihan gedung seperti listrik, air hingga uang keamanan. Sedangkan, pandemi Covid-19 telah berdampak pada pendapatan perusahaan.

Salah satu solusi yang dapat diterapkan perusahaan adalah menyewa virtual office atau kantor digital. Karena tidak perlu membayar tagihan operasional gedung, harga virtual office dapat dikatakan lebih terjangkau.

Menurut Hendrik selaku General Manager penyedia virtual office dan ruang kantor Office99, kantor digital dapat memudahkan pemilik perusahaan untuk mengoperasikan perusahaannya saat pandemi.

Melalui Office99, pemilik perusahaan dapat dengan mudah mengadakan meeting bersama karyawan melalui telekonferensi (video conference call). Tersedia pula layanan penyediaan tempat dengan berbagai kapasitas untuk mengadakan meeting secara fisik. Hanya karyawan yang memiliki akses dapat masuk ke ruang meeting yang sudah disewa.

Walaupun bersifat digital, pengiriman barang atau dokumen yang diarahkan untuk kantor bukan menjadi suatu masalah. Kiriman paket, dokumen dan lain sebagainya yang ditujukan untuk perusahaan akan ditampung oleh Office99 terlebih dahulu. Paket dapat diambil kapan pun hanya dengan menunjukkan identitas sebagai penerima perusahaan yang berhak atas paket atau dokumen tersebut.

Office 99, lanjut Hendrik, juga menyediakan layanan front office baik untuk menerima tamu maupun menerima telepon dari klien. Notifikasi akan langsung dikirimkan jika ada tamu yang ingin berkunjung.

Untuk penerimaan telepon, tim front office Office99 akan melayani klien dengan ramah dan menggunakan tata krama. Perusahaan juga dapat menentukan nomor telepon sendiri atau mendapatkan langsung nomor tersebut dari Office99.

Tak hanya itu, pengurusan dokumen perusahaan akan ditangani oleh Office99 baik itu PT maupun CV dengan surat-surat atau dokumen yang legal. Termasuk kepengurusan PKP, sehingga perusahaan memiliki peluang lebih besar untuk bekerja sama dengan pemerintah.

Office99 juga akan memberikan alamat kantor yang berada dalam zona perkantoran elite di Indonesia, sehingga bisa memberikan rasa kepercayaan yang tinggi bagi para calon klien.

"Dengan berbagai keuntungan tersebut, Anda akan lebih menghemat biaya banyak. Pastinya, perusahaan Anda akan lebih cepat mencapai balik modal dalam waktu dekat," ungkap Hendrik dalam keterangannya, Sabtu (11/7/2020).

Saat ini, virtual office sudah banyak dilakoni oleh perusahaan UMKM di Indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan jenis perusahaan lainnya untuk menerapkan konsep kantor digital ini.

"Contohnya, kami bisa memberikan layanan ini kepada yayasan pendidikan yang saat ini juga tengah terdampak oleh situasi pandemi yang belum jelas kapan berakhirnya. Melalui layanan rental virtual office, kamu sebagai pengembang dunia pendidikan bisa tetap menghemat biaya pengeluaran namun tetap beroperasi dengan normal," lanjut Hendrik.

Layanan pemberian materi pendidikan pun bisa terbantu dengan fitur video conference

Fleksibilitas atau work-life balance juga dapat terjaga. Sebab, karyawan maupun pemilik perusahaan dapat menghabiskan banyak waktu dengan keluarga di rumah tetapi tidak mengorbankan sisi profesionalisme. Kantor digital juga dapat membantu karyawan untuk menghindari kemacetan Jakarta.

Dengan keuntungan di atas, perusahaan dapat memiliki alamat domisili yang sah dan menghemat biaya operasional hingga 50%. Karyawan pun dapat bekerja lebih fleksibel dan produktif dari rumah.

Bagi pemilik perusahaan yang berminat dapat menghubungi customer service Office99.com di (021) 50835699. Pendaftar nantinya juga akan mendapatkan harga khusus.

Adapun layanan virtual office saat ini tersedia untuk kawasan Jakarta Barat dan Bumi Serpong Damai (BSD) City. 



Sumber: BeritaSatu.com